26 Juli 2012

UKG Guru 2012

UKG Guru - Kembali lagi blog Karo Cyber membuat update terbaru seputar UKG Guru 2012 melalui tulisan ini. UGK Online 2012 sendiri menurut jadwal yang dikeluarkan oleh Kemdikbud akan dilaksanakan pada 30 Juli 2012 mendatang. Meski banyak kritikan terkait dengan pelaksanaan UKG, namun dipastikan pelaksaan UKG sendiri tidak akan diundur mengingat persiapan pelaksanaanya sudah matang 100 persen.

Seperti diketahui bahwa pelaksaan UKG Guru sendiri diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi para guru yang sebelumnya telah lulus sertifikasi. Ada kalangan berpendapat dan salah satunya adalah dari Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) yang menolak pelaksanaan uji kompetensi guru dengan alasan bahwa kegiatan ini tidak ada pengaruh terhadap sertifikasi guru. Selain itu FGGI juga berpendapat bahwa UKG Guru dinilai tidak punya dasar hukum dan hanya pemborosan.

Hal lain yang menghiasi pelaksanaan UKG Guru 2012 yang sebentar lagi dilaksanakan adalah terkait pengadaan contoh kisi-kisi soal UGK dan merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memudahkan para guru menghadapi ujian kompetensi. Kisi-kisi soal ini sendiri menurut informasi yang mengemuka akan dipublikasikan melalui situs Ukg.kemdikbud.go.id. Namun pada kenyataanya sampai tulisan ini dipublikasikan di blog Karo Cyber, situs Ukg.kemdikbud.go.id tidak dapat diakses karena diduga telah terjadi overload karena banyak diakses.

Meski banyak hal-hal yang belum maksimal terkait dengan pelaksanaan UKG dan salah satunya terkait dengan keberadaan soal kisi-kisi yang tidak bisa diperoleh dari situs Ukg.kemdikbud.go.id. Namun melalui tulisan sebelumnya di blog Karo Cyber, beberapa contoh soal UKG 2012 bisa di download secara gratis, yaitu melalui tulisan yang berjudul Contoh Soal Uji Kompetensi Guru UKG 2012.

Yang tidak kalah penting mengenai keberadaan UKG Guru 2012 adalah tentang Daftar Peserta UKG Online 2012 yang sedianya bisa dilihat melalui situs bpsdmpk.kemdikbud.go.id. Tetapi pada kenyataanya situs tersebut juga tidak dapat diakses karena diduga overload.

Demikianlah beberapa dinamika seputar pelaksanaan UKG Guru 2012. Semoga dinamika-dinamika ini tidak berlarut-larut menjadi permasalahan lagi pada pelaksanaan UKG Guru di tahun-tahun mendatang. Semoga saja...

0 komentar :

Tulisan Terkait: