06 Juli 2013

Pierre Coffin Sutradara Film Keturunan Indonesia

Pierre Coffin - Mungkin banyak diantara kita belum begitu familiar dengan sosok Pierre Coffin. Pria kelahiran 1 November 1967 ini merupakan seorang sutradara film animasi asal Prancis dan masih memiliki darah keturunan Indonesia. Pierre terlahir dari pasangan orang tua, Yves Coffin dan Nh. Dini.
Foto Pierre Coffin
Ayahnya adalah seorang diplomat asal Perancis, sementara ibunya Nh. Dini, yaitu seorang novelis dan feminis Indonesia yang bernama asli Nurhayati Srihardini Siti Nukatin. Semasa kecilnya, Pierre Coffin telah tinggal dibanyak negara untuk mengikuti ayahnya berpindah tugas, mulai dari negara seperti Jepang, Perancis, Amerika Serikat dan lain-lain.

Pada tahun 1984, kedua orang tua Pierre memutuskan untuk bercerai.  Saat itu, sang ibu pun memutuskan kembali ke Indonesia, sementara Coffin ikut ayahnya menetap di Prancis.

Kini Pierre Coffin terkenal sebagai sutradara film animasi di Hollywood. Karirnya itu dimulai semenjak dia menjalani pelatihan di Gobelin, Paris dan bekerja untuk Amblimation di London. Karirnya di dunia film animasi semakin dikenal ketika dia mengarahkan "Despicable Me" bersama Chris Renaoud.

Sukses dengan Despicable Me yang diliris pada 2010 , film produksi Illumination Picture dengan Universal Studio yang disutradarai oleh Pierre Coffin ini juga telah merilis sekuel keduanya pada tanggal 3 Juli 2013.

Beberapa film animasi yang pernah melibatkan Pierre Coffin, diantaranya adalah We're Back! A Dinosaur's Story (1993), Despicable Me (2010),  Despicable Me 2, Minions (2014), dan Flanimals.

Keberadaan Pierre Coffin sebagai sutradara film animasi terkenal Hollywood tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia. Sebab sosok dirinya ternyata merupakan masih asli keturunan Indonesia.

0 komentar :

Tulisan Terkait: