09 Juli 2013

Download Materi Kultum Ramadhan 2013

Materi Kultum Ramadhan 2013 - Bulan Ramadhan 1434 H atau bulan Puasa 2013 telah tiba. Dengan kehadiran Bulan Suci Ramadhan, maka banyak diantara umat Muslim yang membutuhkan Materi Kultum Ramadhan atau ceramah singkat tentang keberadaan bulan puasa. Tentu dengan cara membaca Kultum Ramadhan tersebut, tentu dapat menambah wawasan pembacanya dalam mendalami makna Bulan Suci Ramadhan yang sesungguhnya.

Adapun arti dari Kultum Ramadhan sendiri adalah kependekan dari kata kuliah tujuh menit Ramadhan, dimana materi ini pada umumnya berisikan ceramah, serta materi singkat yang biasanya diberikan oleh seorang penceramah. Dalam materi Kultum Ramadhan akan ditemukan pengajaran tentang tausyiah atau nesehat-nasehat kebaikan dengan berlandaskan ajaran agama Islam.

Secara umum materi kultum biasanya akan diperdengarkan kepada para jamaah ketika melaksanakan holat tarawih (disebut Kultum Tarawih), dan sehabis sholat subuh (disebut Kultum Subuh atau Kuliah Subuh). Namun karena berkaitan dengan bulan Ramadhan, maka kultum tidak melulu dilakukan dikala setelah tarawih dan Subuh saja, tetapi ketika sehabis sholat dhuhur pun tidak masalah untuk didengarkan atau dibaca, hal ini mengingat bahwa pada bulan Ramadhan semua amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya.

Pada tulisan ini, materi tentang Kultum Ramadhan bersumber dari tulisan Hatta Syamsuddin, yaitu seorang penulis dan sekaligus Pengajar Pesantren Mahasiswa Arroyan Solo. Sosok Hatta Syamsuddin juga dikenal sebagai seorang Trainer Motivasi Keislaman dan Keluarga Romantis.

Bagi teman-teman yang ingin langsung mendapatkan materi Kultum Ramadhan 2013, maka teman-teman bisa langsung download materi Kultum Ramadhan 2013 melalui link yang sudah disediakan berikut disini.

Itulah salah satu materi Kultum Ramadhan 1434 H yang dapat kami publikasikan kepada Anda pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan kiranya bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa...

0 komentar :

Tulisan Terkait: