24 Juli 2013

Cara Mengatasi Masalah Keuangan Dalam Rumah Tangga

Cara Mengatasi Masalah Keuangan - Salah satu tantangan terberat dalam pernikahan adalah masalah keuangan. Dengan kenyataan seperti itu, maka banyak diantara pasangan yang akan menikah terlebih dahulu sudah membicarakan mengenai keuangan. Hal ini disadari karena pentingnya masalah ini ketika mereka sudah bersatu kemudian dalam mahligai pernikahan.

Selain itu tidak dapat dipungkiri juga bahwa masalah keuangan kerap pula menjadi hal utama penyebab pertengkaran dalam rumah tangga, serta bukan tidak mungkin akan berujung kepada perceraian. Dalam hal ini banyak nasehat atau petuah menyatakan bahwa berpikir positif dengan cara menggap belum rejeki merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalah keuangan dalam rumah tangga.

Meski nasehat dan petuah tersebut ada benarnya juga, tetapi tentu saja masalah keuangan dalam keluarga tidak sesederhana itu. Tetapi menurut tips The Stir mengenai masalah keuangan dalam rumah tangga, perlu berbagai hal yang harus segera dilakukan. Adapun cara mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga seperti yang dilansir oleh The Stir tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Terbuka
Hal paling utama yang harus dilakukan agar terhindar dari masalah keuangan dalam rumah tangga adalah dengan cara bersikap terbuka. Dalam hal ini tidak memandang bulu siapa yang mencari pemasukan rumah tangga, baik dilakukan secara bersama-sama, maupun hanya salah satu pihak saja. Artinya semua pengeluaran harus tidak ada yang disembunyikan. Selain itu upayakan agar semua keputusan yang menyangkut tentang keuangan harus diskusikan terlebih dahulu, seperti pengeluaran, pemasukan, tabungan, dan lainnya. 

2. Menabung
Khusus dalam hal ini sebenarnya tidak harus menabung banyak di bank, tetapi sediakan juga tabungan dengan jumlah kecil di rumah yang bisa Anda isi setiap minggu. Memang akan terdengar agak remeh, tetapi uang yang terkumpul tersebut bisa akan sangat berguna ketika sedang dibutuhkan suatu saat kelak. 

3. Buat kesepakatan
Sebelum membelanjakaan uang yang ada, maka sebaiknya buatlah terlebih dahulu aturan yang disepakati bersama. Misalnya dalam menentukan berapa persen yang harus ditabung, berapa budget yang digunakan untuk membayar tagihan, dan lainnya.

4. Tabungan bersama
Memang tidak ada masalah bila Anda menggunakan tabung bersama atau tabungan pribadi. Tetapi sebelum memutuskan hal tersebut, maka ada baiknya Anda waspada terhadap resiko dan pengaruhnya. Diskusikanlah terlebih dahulu kepada pasangan tentang masalah ini, sebab permasalahan ini sebenarnya dapat disesuaikan dengan sifat dan karakter pasangan Anda sendiri. 

5. Menentukan tujuan jangka panjang
Cermat dan bijak dalam melihat masa depan, merupakan bagian terpenting juga dalam hal keuangan. Tentukan berapa besar uang yang akan Anda butuhkan dimasa yang akan datang. Seperti biaya pendidikan anak, liburan, dan lainnya. Dengan menentukan hal ini dari jauh-jauh hari, tentu akan membantu Anda menyimpan uang dan tak kewalahan ketika saatnya tiba. 

6. Membuat anggaran yang realistis
Tentukan anggaran Anda secara realistis dan bisa dikerjakan dengan baik. Dalam hal ini bukan harus membuat anggaran yang sekecil mungkin, sehingga Anda harus sangat berhemat dan tak bisa menikmati hidup. Tapi upayakan juga juga agar penetapan anggaran yang tidak terlalu besar dan tentunya akan membuat hidup Anda boros. 

7. Sisihkan untuk bersenang
Tidak ada salahnya juga bila Anda selalu berupaya menyisihkan sedikit uang untuk tujuan bersenang-senang. Tapi upayakan uang yang demikian jangan terlalu banyak agar tidak terlalu boros. Mungkin dalam hal ini penggunaan uang dapat digunakan untuk keperluan malam bersama, nonton film, atau membeli sesuatu untuk keluarga. Jadikanlah uang ini adalah sebuah reward atas kerja keras Anda dan pasangan. 

8. Bekerjasama untuk mengatur keuangan
Saling bekerjasama untuk mengatur keuangan rumah tangga adalah hal penting lainnya yang harus Anda terapkan. Usahakan agar masing-masing pihak tidak ada yang terlalu mendominasi atau malah pasif jika berkaitan dengan pengeluaran atau pengaturan keuangan. Memang pada awalnya akan canggung, tetapi bila hal ini dibiasakan, maka akan membuat Anda mendapatkan manfaat dalam mengatur keuangan sebagai tim bersama pasangan. 

9. Melacak pengeluaran
Sebelum berbagi uang, maka ada baiknya Anda mulai melacak pengeluaran Anda sehari-hari. Hal ini tentu akan berguna jika dilakukan sejak awal pernikahan. Dengan hal ini juga, maka  Anda bisa mengira-ngira berapa pengeluaran rumah tangga setiap bulan. Selain itu juga akan membantu Anda mengetahui apakah Anda terlalu boros atau hemat. 

10. Rapat keuangan
Melakukan pertemuan atau rapat dengan pasangan untuk membicarakan masalah keuangan juga adalah hal penting. Ini bisa dilakukan setiap minggu atau bulan. Meski namanya rapat, namun lakukanlah dengan suasana senang. dan jangan terlalu serius.

Tentu dengan menerapkan cara mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga yang sudah dipublikasikan diatas, Anda tentu sudah tidak akan takut lagi menghadapi berbagai masalah keuangan yang akan timbul didalam menjalankan mahligai rumah tangga Anda. Selamat mencoba...

0 komentar :

Tulisan Terkait: