24 April 2013

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami - Pada ilmu kedokteran, gula darah merupakan istilah yang mengacu terhadap tingkat glukosa di dalam darah. Bila gula darah tidak normal, maka akan terjadi berbagai gejala yang berhubungan dengan menurunnya kondisi kesehatan. Misalnya ketika gula darah menurun terlalu rendah, maka akan berkembang kondisi fatal yang disebut dengan hipoglikemia, yaitu suatu kondisi terjadi rasa kelelahan pada tubuh, fungsi mental yang menurun, serta mudah tersinggung, serta dapat menimbulkan kehilangan kesadaran.

Selain itu seseorang yang memiliki kondisi gula darah yang tinggi atau yang disebut dengan istilah hiperlikemia, maka apabila hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berkepanjangan pula, seperti misalnya penyakit yang berkaitan dengan diabetes, termasuk kerusahakan pada mata, ginjal, dan saraf.

Bagi Anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka tentunya sangat penting hal ini segera dihindari demi mencegah berbagai penyakit yang dapat ditimbulkannya, dan salah satunya yang paling umum adalah diabetes mellitus atau yang biasa juga disebut dengan istilah kencing manis. Selain itu ketika kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh seimbang juga akan membantu dalam mengontrol berat badan Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kadar gula darah secara alami yang dapat Anda lakukan secara sederhana, diharapkan dengan trik yang akan dipublikasikan ini kiranya dapat membantu Anda untuk dapat dengan mudah mengontrol kadar glukosa, sekaligus sebagai upaya untuk menghindari masalah kesehatan yang akan lebih serius. Apa saja caranya maka berikut adalah keterangan selengkapnya:

Membeli Alat Cek Kadar Gula Darah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki alat monitor atau alat cek gula darah. Alat ini dapat Anda peroleh dengan cara membelinya di apotik atau supermarket. Adapun tujuan untuk memiliki alat ini adalah agar Anda dapat mengontrol kadar gula Anda. Dalam pemaikaian alat tersebut, maka hal-hal yang perlu diketahui untuk menentukan range normal kadar gula adalah sebagai berikut:   
  • Sebelum sarapan, tingkat glukosa Anda harus antara 80 dan 120. Hal ini dianggap sebagai kisaran yang sehat.   
  • Sebelum makan tingkat glukosa Anda juga harus antara 80 dan 120.   
  • Dua jam setelah Anda makan, tingkat glukosa harus 170 atau kurang.   
  • Sebelum Anda tidur, kisaran gula darah 100 sampai 140 adalah ideal.   
  • Sementara berpuasa, sangat ideal bahwa Anda tetap di kisaran 70 sampai 100.
Berolahraga Secara Teratur

Ketika Anda telah memiliki peralatan monitor cek gula darah, maka tentu Anda sudah bisa mengetahui apakah kadar gula darah Anda tinggi atau normal. Bila hasilnya adalah tinggi, maka salah satu cara paling ampuh yang dapat menurunkan kadar gula darah adalah dengan cara berolahraga secara teratur. Selain menurunkan glukosa, kegiatan olahraga juga akan turut membantu tubuh Anda untuk tetap dalam kondisi dimana tidak terjadi resistensi insulin.

Makan Sedikit Tapi Sering


Dengan melakukan teknik sedikit makan, tetapi dengan intensitas yang sering akan membuat tubuh jauh lebih sehat jika Anda memakan makanan dengan besar tetapi jarang. Hal ini terjadi karena komponen-komponen atau alat-alat vital dalam tubuh terutama usus dan pankreas akan lebih mudah untuk menghasilkan enzim pencernaan, dan dengan demikian kerja pencernaan kita tidak terlalu berat. Sebagai acuan dalam hal ini adalah bergantung kepada asupan kalori Anda setiap harinya, bila secara umum seseorang mengkonsumsi makanan 3-5 kali sehari (500-800 kalori tiap kali makan), maka cobalah makanlah dalam kurun waktu empat (4) jam sekali (paling kurang).

Selain itu upayakan juga agar Anda meningkatkan asupan cairan dalam tubuh, terutama air putih. Jika tubuh kekurangan cairan, darah bisa jadi mengental dan ini juga akan membuat gula darah Anda tidak mengalami penurunan.

Mengurangi Konsumsi Gula


Mengurangi konsumsi gula merupakan salah satu hal yang sangat vital untuk dilakukan dalam mengurangi kadar gula darah. Anda perlu untuk mengontrol asupan gula didalam tubuh Anda. Khusus bagi penderita dan calon penderita diabetes, Anda bisa mengonsumsi gula yang bukan seperti gula pada umumnya. Gula yang dibuat khusus rendah kalori, seperti buatan Tropicana Slim, L-Man, dan lainnya.

Diet Tinggi Protein

Tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan, diet tinggi protein juga merupakan cara menurunkan gula darah secara alami yang paling populer. Cobalah cara diet tinggi protein ini dan rasakan bagaimana dampaknya yang sangat positif bagi tubuh Anda.

Mengkonsumsi Makanan Penurun Gula Darah
Menurunkan kadar gula darah dapat juga dilakukan dengan cara mengkonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba mengkonsumsi suplemen khusus yang dapat mengobati pankreas, bila keberadaan pankreas Anda memang bekerja secara normal, maka insulin akan kembali diprokuksi dan akan berdampak baik untuk meningkatkan kadar gula darah Anda. Dalam menentukan jenis-jenis makanan dan suplemen ini, maka tentunya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang Anda percayakan.

0 komentar :

Tulisan Terkait: