19 Maret 2013

Cara Mengganti DNS Speedy di Windows 7

Cara Mengganti DNS Speedy di Windows 7 - DNS atau Domain Name System atau bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti sistem penamaan domain adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar pada jaringan komputer, khususnya pada jaringan internet. Secara sederhana DNS juga dapat diartikan sebagai layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

Akhir-akhir ini peranan DNS juga sangat penting pada kelancaran proses akses situs-situs internet, khususnya bagi situs yang sudah diblokir oleh provider internet dan salah satunya hal ini kerap dilakukan oleh pihak provider speedy di Indonesia. Dampak dari blokir yang dilakukan terhadap berbagai situs yang dianggap negatif, sering pula berimbas kepada situs favorit pengguna internet yang notebene tidak mengandung konten yang dilarang.

Sebenarnya pada tulisan sebelumnya di blog Karo Cyber sudah sempat disinggung tentang cara membuka situs yang diblokir, dan pada tulisan tersebut sudah disebutkan pula bahwa salah satu cara membuka situs yang diblokir tersebut adalah dengan mengganti DNS.

Pada tulisan kali ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara mengganti DNS, khususnya DNS Speedy bagi pengguna sistem operasi Windows 7. Bagaimana cara mengganti DNS ini secara lengkapnya bisa Anda pelajari seperti yang akan dipaparkan berikut ini:

1. Pergi ke Control Panel
2. Pilih "Network Connection"
3. Pilih "Local Area Connection"
4. Pilih Internet Protocol Protection 4
5. Klik "Properties"
6. Kemudian isikan Google DNS seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:
cara mengganti dns di windows 7
Keterangan: DNS yang digunakan diatas adalah DNS Google (Preferred DNS Server: 8.8.8.8 dan Alternate DNS server 8.8.4.4)

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan keterangan cara mengganti DNS Speedy di Windows 7 di atas, maka Anda juga dapat mempelajarinya secara lebih lanjut dengan menyimak cuplikan video yang bersumber dari situs berbagi video Youtube berikut ini:

Video Cara Mengganti DNS di Windows 7

0 komentar :

Tulisan Terkait: