10 Februari 2012

Cara Mengolah Kulit Manggis Jadi Obat

Cara Mengolah Kulit Manggis Jadi Obat - Tulisan ini akan mengupas tentang cara mengolah kulit manggis jadi obat. Seperti diketahui bahwa kulit manggis ternyata memiliki banyak kegunaan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit, seperti menghambat proses penuan, mencegah penyakit pembuluh darah, dan dapat juga dijadikan sebagai antikanker.

Cara mengolah kulit manggis sebagai obat disini juga berkaitan dengan cara mengolah kulit mangis jadi jus yang bisa diminum dan berfungsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang anda derita.

Adapun proses pembuatan minuman berkhasiat yang berbahan baku kulit manggis ini dilakukan dengan cara terlebih dahulu memisahkan kulit manggis dengan buahnya. Pengolahan bisa dengan mengikutsertakan biji manggis (kaya lemak) atau hanya sekadar kulit manggis yang mengandung Xanthone. Gunakan sendok untuk mengeruk bagian dalam kulit yang sudah dibersihkan, dan pisahkan dari kulit keras di bagian luarnya.

Preoses selanjutnya adalah mendinginkan di dalam lemari pendingin jika hendak disimpan hingga jumlahnya mencukupi. Lalu, campur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender. Endapkan selama 24 jam, setelah itu saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.

Agar rasanya lebih enak dan nikmat, maka ekstrak Xanthone kulit manggis bisa juga dicampur dengan madu dan beri pewarna alami ekstrak bunga rosela, dan anggur atau apel sebagai penambah flavor.

Hasil pencampuran Xanthone dengan rosela dan madu dipanaskan dengan suhu 90-95 derajat celsius selama 10 menit untuk menguapkan ethanol. Setelah itu, dinginkan dengan suhu kamar lalu campurkan dengan flavor anggur atau apel. Nah, sirup Xanthone siap untuk dinikmati dengan dicampur air.

1 komentar :

aditya gunawan mengatakan...

saya membaca artikel ini dan tertarik untuk mencoba membuat syrup kulit manggis,
saya membaca beberapa artikel ttg manfaat dari kulit.manggis yang baik untuk kesehatan,
saya mau bertanya sedikit, etanol yang dig
unakan untuk bahan pencampuran kulit manggis itu yang berapa %
Misal saya ada 1kg kulit.manggis, nah baiknya air dan etanol yg digunakan berapa banyak? apakah ada efek samping? karena kita menggunakan etanol,karena kalau digunakan dlm jangka waktu tertentu bisa merusak tubuh ( silahkan koreksi jika salah)
terimakasih

Tulisan Terkait: