15 Oktober 2010

Jemaah Haji 2010

Jemaah Haji 2010 - Inilah berbagai informasi seputar Jemaah Haji 2010. Informasi Haji 2010 ini kami rangkum dari berbagai liputan media massa online. Berita terbaru tentang Jemaah Haji 2010 menyebutkan bahwa saat ini sebanyak 20.138 Calhaj sudah masuk Madinah. Dari sekian banyak Calon Haji yang sudah memasuki Madinah tersebut, terdapat dua orang meninggal, yaitu berasal dari Banda Aceh kloter dua dan dari Embarkasi Bekasi kloter 6 meninggal dunia Jumat siang waktu Arab Saudi.

Kedua jamaah tersebut adalah Sudarmin bin Adam (55) asal Banda Aceh dan Mutaminah binti H Sueb embarkasi Bekasi kloter 6. Sudarmin wafat akibat terserang stroke dan mengalami pendarahan di kepala. Sedangkan Mutaminah wafat akibat penyakit jantung yang dideritanya.

Sementara itu pernyataan Indonesia Corruption Watch (ICW) mengutip pemberitaan dari detik.com, menyebutkan bahwa terdapat kenaikan harga sebesar US$ 150 di penyelenggaraan ibadah haji 2010 bila dibandingkan dengan tahun 2009 yang lalu.

"Kalau Kementerian Agama mengatakan ada penurunan biaya penyelenggaraan ibadah haji sebesar US$ 80 itu tidak ada. Malah yang ada kenaikan biaya sebesar US$ 150 per jamaah di tahun ini," kata Koordinator Divisi Analisis Anggaran ICW Firdaus Ilyas.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam jumpa pers 'Gurihnya Bisnis Bertemu Tuhan', di Kantor ICW, Jalan Kalibata Timur IV, Jakarta Selatan, Kamis (15/10/2010).

Berita lain tentang penyelenggaran Haji 2010 datang dari Yogyakarta, dimana Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dalam pelepasan haji di Bangsal Kepatihan Yogyakarta berpesan agar Calon jamaah haji (calhaj) jangan hanya pulang membawa gelar saja.

Peningkatan jumlah calhaj haji dari DIY seharusnya juga dibarengi dengan peningkatan kualitas ibadah sehingga berdampak pada kehidupan sehari-hari dan dapat berkontribusi dalam membangun karakter bangsa.

"Harapan kita tentu jamaah haji tidak sekedar melonjak jumlahnya, melainkan kualitas umat ikut meningkat. Sehingga para jamaah haji dapat berkontribusi bagi pembangunan karakter bangsa sekaligus keteladanan dalam menjalin kerukunan antar umat beragama. Sehingga ibadah haji tidak hanya ritual saja, tetapi haji sebagai panggilan ibadah yang harus dijalankan dengan khusuk dan hati yang suci,''kata Sultan HB X.

Bagi anda yang ingin mengikuti informasi Jemaah Haji 2010 lainnya, maka anda juga bisa berkunjung kesitius Departemen Agama yang khusus meliput tentang penyelenggaraan Haji 2010, tepatnya pada link berikut disini.

Semoga dengan informasi Haji 2010 yang kami sajikan ini dapat membantu anda untuk mendapatkan sedikit dari sekian banyak info tentang penyelanggaran haji 2010. Dan kita harapakan bersama agar penyelenggaraan Haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

0 komentar :

Tulisan Terkait: