05 Mei 2010

Sri Mulyani Menjadi Managing Director Bank Dunia

Sri Mulyani Menjadi Managing Director Bank Dunia - Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia yang akhir-akhir ini banyak disorot atas kasus Bank Century secara mengejutkan diberitakan telah ditunjuk sebagai orang nomor dua di Bank Dunia, yaitu tepatnya sebagai Managing Director Bank Dunia.

Sri Mulyani Menjadi Managing Director Bank DuniaFoto Sri Mulyani

Seperti yang dilansir Reuters, pada Selasa (4/5/2010). Presiden Bank Dunia Robert Zoellick telah menyatakan bahwa, Sri Mulyani merupakan seorang menteri keuangan terkemuka yang dapat memainkan peran kunci untuk memimpin Bank Dunia dalam menguatkan dukungan klian dan melaksanakan reformasi.

Kabar lain menyebutkan, Bank Dunia akan menempatkan Sri Mulyani berkantor di Washington mulai tanggal 1 Juni 2010, menggantikan Juan Jose Daboub yang sebelumnya akan mengakhiri masa jabatan 4 tahunnya pada 30 Juni 2010 mendatang.

Jabatan Managing Director ini hanya satu tingkat di bawah Presiden Bank Dunia Robert Zoellick, yang merupakan level tertinggi pimpinan di lembaga keuangan dunia itu.

Berbagai pendapat bergulir atas pengangkatan Sri Mulayani menjadi Managing Director Bank Dunia. Salah satu pendapat positif berasal dari Irjen Kementerian Keuangan (Kemenkeu_ Hekinus Manao. Dia menyabutkan bahwa pengangkatan Menkeu Sri Mulyani menjadi Managing Director Bank Dunia akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

Hekinus Manao mengatakan dengan pengangkatannya tersebut Indonesia akan bisa menjalin komunikasi dengan lebih baik dan intens dari sebelumnya dengan lembaga keuangan internasional tersebut.

"Seraca langsung dan tidak langsung, ini sangat menguntungkan. Jarang sekali kita punya oportunity seperti ini. Sebab ini kali pertama orang Indonesia masuk Bank Dunia. Tentunya kita bisa berkomunikasi dengan lebih baik. Sebab, kita juga memerlukan kerja sama dengan lembaga itu," tandasnya.

Atas pengangkatan Sri Mulyani menjadi Direktur Bank Dunia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memberikan persetujuannya. Persetujuan itu sendiri diberikan setelah SBY bertemu langsung dengan Presiden Bank Dunia, Robert Zoellick.

"Respons saya adalah, saya setujui setelah mendengarkan permohonan dari ibu SMI untuk menjabat sebagai Managing Director di Bank Dunia," jelas Presiden SBY dalam konferensi pers di kantor presiden, Jakarta, Rabu (5/5/2010).

Presiden menjelaskan, Bank Dunia telah menyampaikan niat untuk mengangkat Sri Mulyani menjadi orang nomer 2 di Bank Dunia tersebut baik kepada ibu Sri Mulyani dan dirinya.

"Respons saya adalah, saya menunggu permintaan resmi atau surat dari presiden Bank Dunia Robert Zoellick dengan posisi peran dan penugasan apa yang akan diberikan kepada ibu Sri Mulyani Indrawati," jelasnya.

Setelah kita melaksanakan rapat kerja di Tampak Siring, Bali pada 30 April 2010, Presiden SBY akhirnya merima surat dari presiden Bank Dunia tanggal 25 April yang mencantumkan secara eksplisit niat untuk mengangkat Sri Mulyani sebagai Direktur Bank Dunia tersebut.

Dan setelah mempelajari surat dari Bank Dunia, sekaligus mempertimbangkan posisi Managing Director yang penting dan terhormat tersebut, presiden pun akhirnya memberikan restu kepada Sri Mulyani untuk menjadi Direktur di Bank Dunia.

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Orang Terbaik Bangsa ini (B. Sri Mulyani) akan mengabdi kpd dunia & yg tersisa hanyalah TEMPE BUSUK seperti Bambang susatyo, akbar faisal, marurar sirait, gayus lumbuun yg selalu membuat hingar bingar & mengganggu jalannya pemerintahan yg syah.
Kami, Rakyat NKRI sudah sangat muak dengan mereka ini Bambang Soes c.s.

Tulisan Terkait: