17 Mei 2010

Gerhana Venus

Gerhana Venus - Gerhana Venus sebuah fenomena jagat raya yang langka telah terjadi pada, Minggu (16/5/2010) petang hampir disejumlah wilayah Indonesia bagian Barat dan Bagian Tengah. Menurut pakar astronomi Gerhana Venus atau Akultasi Venus merupakan sebuah fenomena langka karena mungkin hanya dapat disaksikan sekali seumur hidup.

Gerhana VenusFoto Ilustrasi Gerhana Venus (Kompas)

Peristiwa Gerhana Venus selanjutnya baru dapat disaksikan di wilayah Indonesia pada tahun 2052 mendatang. Gerhana Venus semalam untuk wilayah Jakarta dimulai pada pukul 18.49 WIB dan berakhir pada pukul 19.29. Untuk daerah lainnya hanya akan selisih beberapa menit sebelum dan sesudahnya. Okultasi Venus adalah fenomena saat Planet Venus menghilang sesaat karena tertutup bulan.

Beberapa daerah yang berhasil melihat secara jelas Gerhana Venus atau Okultasi Venus semalam adalah di Aceh. Di Banda Aceh, sejumlah warga berkumpul di pekarangan Mesjid Raya Baiturrahman untuk menyaksikan dengan mata telanjang 'bintang kejora' tertutup bulan sejak lepas maghrib atau sekira pukul 19.00 WIB.

Warga di Serambi Mekkah juga ikut ke luar rumah usai melaksanakan salat Maghrib, hanya untuk menyaksikan fenomena langka ini.

Di langit Aceh, detik-detik bulan menutupi sebuah bintang dengan cahaya indah (venus) terlihat jelas. Bintang kejora tampak bercahaya indah di depan bulan sabit, kemudian hilang beberapa saat.

Sementara di Kota Bandung yang diguyur hujan dan disertai petir menghalangi pengamatan fenomena alam Gerhana Venus.

Melihat kondisi cuaca di Kota Bandung yang tidak mendukung, maka Gerhana Venus itu menjadi tak terlihat. "Ini karena kondisi alam yang tidak bagus. Mau gimana lagi, hujan dan petir tidak bisa dilawan," paparnya.

0 komentar :

Tulisan Terkait: