14 Januari 2010

Gerhana Matahari Cincin - Gerhana Matahari 2010

Gerhana Matahari Cincin - Gerhana Matahari 2010 - Gerhana Matahari 15 Januari 2010 atau Gerhana matahari cincin yang akan terjadi Jumat, 15 Januari 2010, hanya dapat disaksikan sebagian warga Indonesia. Padahal, fenomeona alam itu tergolong luar biasa karena menjadi gerhana matahari terlama, dengan durasi 11 menit 41 detik. Gerhana matahari dengan durasi lebih dari 11 menit baru akan terjadi lagi 1.033 tahun kemudian atau 3043.

Bagi Anda yang tertarik menyaksikannya, kunjungi saja Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah (PP-Iptek). Di tempat itu akan digelar pengamatan gerhana matahari bersama mulai pukul 13.15 hingga 16.15 WIB. Fasilitas yang diberikan terdiri dari tiga teleskop yakni CPC 800, Firscope 114", dan Solarmax Coronado.

"Sebelum pengamatan peserta akan dibekali materi tentang astronomi, matahari, dan gerhana matahari, serta workshop pembuatan solar view yang akan digunakan dalam pengamatan," demikian pengelola PP-Iptek, Kamis (14/1).

Proses gerhana matahari dimulai dengan masuknya bayang-bayang bulan di permukaan bumi pukul 14.39 WIB. Puncaknya diperkirakan terjadi pukul 15.55 WIB. Di Indonesia, gerhana bisa diamati di wilayah Sumatra, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. Untuk wilayah Indonesia, gerhana ini hanyak akan terlihat sebagian sehingga takkan terlihat berbentuk seperti cincin saat puncaknya

MUI Imbau Umat Muslim Gelar Salat Gerhana

Majelis Ulama Indonesia Jabar mengimbau umat muslim di Jabar khususnya Kota Bandung untuk melakukan salat gerhana saat terjadi gerhana matahari besok, Jumat (15/1/2010). Sebaiknya salat gerhana tersebut dilakukan di masjid.

Hal itu dikatakan Sekum MUI Jabar Rafani Akhyar saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya , Jalan RE Martadinata, Kamis (14/1/2010). "Kami MUI mengimbau agar umat muslim melakukan salat gerhana di masjid-masjid saat gerhana besok," ujarnya.

Rafani menambahkan, memang setiap kali ada gerhana baik gerhana matahari atau gerhana bulan, atau fenomena alam lainnya umat muslim dianjurkan untuk melakukan salat. Salat biasanya dilakukan 2 rakaat dan disertai khutbah.

Namun Rafani belum memperoleh informasi jelas kapan tepatnya gerhana matahari akan terjadi. Karena bertepatan dengan salat jumat, maka salat gerhana bisa saja dilakukan setelah salat jumat. Atau jika berdekatan dengan salat Ashar maka dapat dilakukan sebelum salat Ashar.

"Tapi yang pasti, salat gerhana baiknya dilakukan saat gerhana itu terjadi," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, gerhana matahari cincin akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia pada Jumat (15/1/2010), juga akan terlihat di Bandung. Diprediksi gerhana akan berlangsung selama 90 menit yaitu mulai pulul 14.39 WIB sampai 15.55 WIB.

0 komentar :

Tulisan Terkait: