19 Oktober 2009

Jalur Cincin Gempa Indonesia

Jalur Cincin Gempa atau Cincin Api Fasifik merupakan gugusan gunung berapi di kawasan Pasifik yang melewati wilayah Indonesia, dan mengakibatkan wilayah yang dilewati oleh cincin tersebut rawan letusan vulkanik dan rawan gempa.

Foto Jalur Cincin Gempa atau Ring of Fire (vivanews)

Sekitar 90 persen gempa bumi yang terjadi di dunia berada di jalur cincin gempa Indonesia atau Cincin Api Fasifik, dan 81 Persen gempa yang terjadi merupakan gempa paling terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah.

Gunung merapi yang berada dalam cincin gempa Indonesia terdiri dari 400 gunung berapi, dan 130 diantaranya masih berkategori sebagai gunung berapi aktif.

15 komentar :

berita indo mengatakan...

kesimpulanya.. semua tempat dinegara kita rawan ya cuma sebagian kecil aja yang aman seperti pulau kalimantan dan irian jaya..
sudah sepatutnya pemerintah berpikir untuk memindahkan ibukota ke pulau kalimantan atau ke irian... karena jakarta juga termasuk dari jakur cincin gempa indonesia...

baju batik mengatakan...

percaya ga percaya sih...

alief sabhi mengatakan...

Indonesia memang negara yang paling baik di dunia. dari 90% gempa di dunia adalah kiriman dari indonesia sewmuanya gratis lagi.... subhanalloh.....

petruciian mengatakan...

@berita indo : tolol, lo kata mindahin ibu kota kaya mindahin ibu lo ?? mikir pake otak ... goblog !!!

Anonim mengatakan...

mari bersama-sama kita pindahkan monas dan Peninggalan2 bersejarah lain nhya yg ada di Jakarta ke Kalimantan.

Nb : "Untuk Pengelola taman mini tolong dong ubah letak pulau jawa yg ada di miniatur Indonesia tukar tempat dengan pulau kalimantan"
lol...

kuy-kuy antares mengatakan...

allahuakbar...mudah mudahan tak terjadi apa apa...ammien...

hadi mengatakan...

artikelnya bagus bosz, izin repost ya di blog aqiu

Ubai mengatakan...

wahhh,,ternyata kita memang harus selalu siap menghadapi gempa ya

Anonim mengatakan...

klo yg namanya musibah ga cm terjadi d indonesia z x,kt sbagai manusia hrs sering bnyak2 berdoa and tobat deh

Aku Sejati mengatakan...

indonesia itu kan memang sudah punya tradisi dari dulu, yaitu tradisi gempa bumi atau budaya gempa bumi.... dan karena memang indonesia itu adalah daerah gempa... jadi seharusnya kita2 ini emang harus selalu waspada...

gempa itu ga bisa di prediksi kapan akan terjadi, dan berapa kisaran besarnya gempa yang akan terjadi... Tapi.... kalau di prediksi berpotensi tsunami atau tidaknya itu bisa... :)

Anonim mengatakan...

ehm .. ehm .. ehm ..
nakutin juga iiah beritanya ..
bikin spot hati ajjh !!!
cckkkcckkk ...

i hope thats not happend ..

IkhwanSableng mengatakan...

Hanya ALLAH Yg Tahu....
So...Jangan Sotoy Dah

Anonim mengatakan...

waduh waduh waduh
ya apa mau dikata, kalo ga ada gunung berapi indonesia ga jadi tanah subur. ^^

Anonim mengatakan...

indonesia memang hebat!!!
hahahahahah...

ponpon mengatakan...

yah artinya setiap warga indonesia mesti waspada bencana

Tulisan Terkait: