07 Oktober 2009

Isu Gempa Sidoarjo Jawa Timur

Isu Gempa Sidoarjo Jawa Timur - Gempa Jawa Timur yang kini semakin senter diisukan bakal segera terjadi membuat banyak warga panik menantikannya. Gempa besar di Jawa Timur dengan kekuatan 8,6 SR dan berpotensi Tsunami yang diprediksi oleh peneliti LIPI banyak dijadikan sebagai isu untuk menakut-nakuti warga oleh sebagian pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di Desa Wilayut, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo Jawa Timur misalnya, sempat di informasikan akan terjadi gempa sekitar pukul 11.00-13.00. Beberapa warga yang mendengar isu tersebut sempat khawatir dan panik keluar dari rumah.

Dengan adanya isu gempa yang bakalan terjadi beberapa siswa sekolah sempat dipulangkan lebih awal, dan suara kentongan sempat berbunyi supaya warga keluar dari rumah, dan hal tersebut kesemuanya dilakukan dengan alasan bahwa adanya gempa yang sebentar lagi akan mengguncang daerah Jawa Timur, khusnya Sidoarjo.

Aparat kepolisian, terutama polsek di wilayah Sidoarjo, mengantisipasi beredarnya isu gempa dengan meningkatkan patroli di setiap wilayah. Antisipasi kondisi ini dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk menjarah.

Sementara Bupati Sidoarjo Win Hedrarso meminta kepada warganya untuk lebih tenang dan tidak panik menyikapi adanya informasi atau isu gempa bumi yang akan melanda kabupaten sidoarjo.

"Kami meminta kepada warga Sidoarjo supaya lebih tenang menyikapi adanya informasi tersebut," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jatim, Rabu (7/10).

Ia mengemukakan, selain bersikap tenang, dirinya juga meminta masyarakat lebih waspada dan mengecek ulang informasi tersebut. "Jangan sampai dengan adanya informasi tersebut membuat warga panik dan tidak bisa berpikir jernih," katanya.

Ia menjelaskan, kalaupun nantinya benar terjadi gempa, masyarakat diminta untuk mencari tempat yang aman. "Jika memang posisinya sedang berada di dalam gedung, diusahakan untuk bersembunyi di bawah meja atau juga di bawah tempat tidur supaya aman," katanya.

0 komentar :

Tulisan Terkait: