06 Oktober 2009

Siaga Gempa Besar di Jawa Timur

Siaga Gempa Besar di Jawa Timur - Sebuah penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan indonesia (LIPI), memprediksi Jawa Timur, khusunya bagian selatan memiliki potensi dilanda gempa besar karena berada dalam patahan Samudera Indonesia.

Atas hasil penelitian LIPI yang menyebutkan, daerah Jawa Timur memiliki potensi dilanda gempa besar, maka Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta kepada seluruh kabupaten/kota di daerah Jatim untuk melakukan siaga bencana melalui early warning system atau sistem peringatan dini.

"Saya minta seluruh kabupaten/kota di Jatim, khususnya di wilayah selatan agar melakukan antisipasi gempa melalui sistem peringatan dini. Antisipasi itu bisa dilakukan dengan menyiapkan masyarakat melakukan langkah-langkah darurat jika terjadi gempa," kata Soekarwo seperti yang dikutip dari situs vivanews.com, Senin (05/10/09)

Beberapa daerah di Jatim saat ini telah melakukan siaga gempa besar tersebut, diantaranya Lumajang dan daerah pesisir di Jawa Timur.

Sistem peringatan dini untuk persiapan siaga gempa ini tidak harus berupa peralatan yang canggih, namun masyarakat bisa dilatih menggunakan kentongan sebagai sistem peringatan dini.

Daerah pesisir Jatim dan Bali disebut-sebut masuk dalam zona bahaya gempa yang berpotensi menyebabkan Tsunami. Sebab di wilayah selatan Jatim terdapat patahan pajang mulai dari Sumatera.

Dengan adanya patahan panjang di wilayah selatan Jatim ini diperkirakan bakal terjadi gempa dahsyat berkekuatan lebih dari 8 SR dan akan berpotensi menyebabkan Tsunami.

0 komentar :

Tulisan Terkait: