26 Mei 2009

Virus Nadia Saphira

Virus Nadia Saphira - Hati-hati virus Nadia Saphira yang merupakan varian baru dari virus bebek yang akhir-akhir ini mulai merebak beredar luas di Internet.

Virus ini pertama beredar dengan ikon Donal Bebek, dan dari pemberitaan terakhir bahwa Virus tersebut telah berubah ikon menjadi Nadia Saphira.

Perusahaan keamanan lokal Vaksincom menduga pembuat virus ini berasal dari Sulawesi Tenggara, dan pemerograman jenis virus ini menggunakan pemerograman visual basic.

Penyebaran Virus Nadia Saphira dilaporkan penyerbarannya cukup tinggi selama bulan Mei 2009, dan sampai berita ini dirilis belum ada Antivirus terbaik yang dapat mendeteksi keberadaanya.

Salah satu antivirus lokal yang mampu mendeteksi Virus ini hanyalah Smadav. Norman Security Suite mendeteksi varian virus Nadia Saphira sebagai W32/Vbtorj.AOQB.

Sama seperti virus bulu bebek, virus Nadia Saphira juga memiliki niat jahat dengan menghancurkan data komputer. Namun, virus ini hanya menyembunyikan folder/sub folder pada drive maupun pada flashdisk, untuk mengelabui user virus akan membuat duplikat di setiap folder/sub folder sesuai dengan nama folder yang disembuyikan. Selain itu virus ini juga membuat type file sesuai dengan type file folder.

Virus ini menyebar dengan memanfaatkan system autoplay windows sehingga rentan menular lewat media removable drive/us flas disk

ps: Bagi anda yang ingin download antivirus gratis berbagai versi, dapat juga dilihat melalui blog Karo Cyber Community

1 komentar :

Unknown mengatakan...

Mohon bantuan cara pencegahan dan pembersihan virus Nadia saphira
Saat ini kompter saya sedang terjangkit virus tsb.
sampai saya harus format ulang sistem
Makasih

Tulisan Terkait: