26 Januari 2009

Foto Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

Seorang Member forum kaskus dengan user id alam_smp_1 telah mengirimkan foto-foto yang berhasil dia abadikan seputar gerhana matahari cincin yang terlihat hampir merata diseluruh Indonesia hari ini 26 Januari 2009.

alam_smp_1 yang menurut pengakuannya saat ini berada di Surabaya juga tidak luput mengabadikan gambar gerhana matahari cincin yang banyak mengundang perhatian masyarakat ini, karena keberadaanya yang jarang sekali terjadi di dunia.

Berikut adalah foto-foto gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh alam_smp_1 yang telah dikirimkannya ke forum kaskus, salah satu forum terbesar di Indonesia





Foto: Gerhana Matahari 26 Januari 2009 di Surabaya

Berikut ini adalah foto-foto gerhana cincin yang terjadi pada 26 Januari 2009 yang terlihat dari Kota Jakarta, dan foto ini diambil dari situs foto.detik.com


Foto: Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 di Jakarta

3 komentar :

Anonim mengatakan...

thanks info nya, mejuah juah, Gbu all

Anonim mengatakan...

siapa bilang gerhana matahari cincin kemarin bisa disaksikan hampir di seluruh wilayah indonesia?
ga bener tuh..
yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin tanggal 26 kemarin itu cuma yang ada di wilayah sebagian lampung, sebagian daerah paling barat Banten, terus hingga arah sebagian kalimantan hingga sedikit bagian sulawesi.

Itu yg bisa menyaksikan fase CINCIN. sedangkan selabihnya seperti Jakarta cuma bisa melihatnya sebagian alias parsial, jadi kalo bkn di daerah yg saya sebut dinamakan GMP (Gerhana Matahari Parsial) bukan gerhana matahari cincin. Karena posisi wilayah bujur pengamat menentukan citra matahari yg dilihat.

Asal kalian tau aja ya, gerhana matahari yg kemaren itu bener2 langka, emang ada lagi bulan juli nanti, TAPI, gerhananya TIDAK bisa disaksikan di Indonesia. Indonesia cuma dapet penumbranya sedikit doang, jadi hampir ga kliatan.

Kalo mau liat gerhana matahari lagi di Indonesia ada tuh, namanya Gerhana Matahari Total, ntar sebagian wilayah di Indonesia yang dilewati gerhana tersebut akan mengalami kegelapan total pada saat gerhanan terjadi (siang hari). TAPI yg mau menyaksikan harus punya ekstra kesabaran. Soalnya GMT yg baru saya sebut baru terjadi di Indonesia tahun 2016 nanti. OK !?

kebetulan pas GMC kemarin saya emeng sengaja datang ke daerah Anyer (banten) untuk mengadakan observasi. Saya juga punya dokumentasinya, lumayan lengkap, termasuk foto saat fase cincin, walaupun cincinnya tidak sempurna karena posisi wilayah bujur saya tidak tepat pd lintasan umbra bulan.

Tapi mohon maaf saya tidak bisa menunjukkan foto-foto tersebut, karena berkaitan dengan eksklusifitas dan hak cipta. kalaupun saya atau rekan2 saya tampilkan akan kami berikan label.

Febrian Isra Anugrah mengatakan...

Foto-foto yang lebih lengkap bisa dilihat disini:
http://ryan-isra.blogspot.com/2009/01/kumpulan-foto-gerhana-26-januari-2009.html

Tulisan Terkait: