03 Oktober 2008

Sekolah Hongaria Ajarkan Melukis Batik

Sekolah-sekolah umum di Hongaria mengajarkan melukis batik Indonesia. Sementara tradisi membatik masuk ke Hongaria sejak abad ke-17.

Hal itu disampaikan Atilla Birkas dari museum di Veszprem kepada Dubes RI untuk Hungaria Mangasi Sihombing saat berkunjung ke museum di daerah Veszprem.

Sekretaris I Pensosbu KBRI Budapest, Arena Sri Victoria dalam keterangannya, Jumat (3/10) mengatakan, teknik batik dibawa ke Hongaria oleh imigran Jerman.

"Di Hongaria, teknik membatik dikenal dengan istilah "kekfesto" yaitu batik stempel atau cetak. Batik cetak Hongaria didominasi warna biru," ujarnya.

Menurut Arena, di kota Papa didirikan museum tekstil dan Museum Batik Biru yang dikunjungi Duta Besar Indonesia yang dikelola Galeri Seni Anak-Anak Hongaria.

Di museum ditemukan enam lukisan batik karya anak-anak Hongaria yang puluhan tahun lalu memenangkan kompetisi lukisan anak-anak.

Beberapa negara Eropa pada abad ke-17 pernah melarang kain batik karena dianggap sebagai saingan tekstil lain.

Namun arus masuknya kain batik ke Eropa tak dapat ditahan lagi karena kapal-kapal VOC terus membawanya ke Belanda.

Pada tahun 2009 Yayasan Museum Tekstil dan Museum Batik Biru di Kota Papa akan menggelar International Quilt Competition and Exhibition.

Sumber: inilah.com

0 komentar :

Tulisan Terkait: