10 Oktober 2013

Cara Menangkap Tuyul dengan Mudah untuk Pemula

Tuyul berasal dari bahasa Jawa, yaitu thuyul yang berarti makhluk halus berwujud seperti anak kecil atau manusia kerdil dengan bagian kepala gundul. Selain itu tuyul juga kerap digambarkan memiliki warna kulit agak keperakan, serta dipercaya memiliki masyarakat pemimpin, dan bersuara seperti layaknya anak ayam. Tuyul juga kerap dipercaya dapat dipekerjakan oleh majikan manusia untuk alasan tertentu, dan secara umum adalah untuk mencari harta benda berupa uang.


Meski keberadaan tuyul tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, tetapi pada kenyataanya sebahagian besar masyarakat Indonesia percaya dengan keberadaan mahkluk halus ini. Bahkan bagi sebahagian orang yang ingin cepat mendapatkan kekayan, maka tidak jarang diantara mereka ingin memelihara tuyul dan akan dijadikan sebagai sarana mendapatkan uang dengan mudah.

Berbeda dengan orang yang memiliki niat untuk memelihara tuyul, orang yang merasa kerap kehilangan uang tanpa sebab musabab jelas, juga sering menduga tuyul adalah sebagai dalang, sehingga dengan demikian banyak diantara masyarakat mencoba melakukan siasat khusus saat menyimpan uang agar terhindar dari pencurian yang dilakukan oleh makhluk bernama tuyul itu.

Dengan fenomena yang sudah disebutkan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara tidak langsung antara golongan orang yang ingin memilihara tuyul dan orang yang sering kehilangan uang tanpa alasan yang jelas, masing-masing mempunyai kepercayaan bahwa memang benar ada makhluk halus tuyul.

Cara Menangkap Tuyul

Berita mengenai tertangkapnya tuyul memang bukanlah suatu fenomena langka di Indonesia. Bahkan media massa konvensional di berbagai daerah juga kerap memberitakan bahwa ada sekelompok masyarakat yang telah berhasil menangkap tuyul. Seperti pemberitaan dari situs portal media Detikcom tepatnya pada, Rabu (04/05/2011) yang lalu dengan judul "Dua Tuyul Ditangkap Warga Pemulang" memberitakan bahwa warga di Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Tangerang telah dihebohkan dengan kabar penemuan dua tuyul di rumah seorang warga setempat. Dalam pemberitaan itu juga disebutkan bahwa pemilik rumah tersebut memajang botol yang menurutnya berisi tuyul dan telah menjadi tontonan banyak warga.

Dari pemberitaan media massa ini mungkin akan timbul pertanyaan bagi seorang pemula dan awam tentang dunia gaib, khususnya bagi mereka yang masih dalam tahap diantara percaya dan tidak percaya dengan keberadaan makhluk tersebut. Begitu juga dengan penulis blog Karo Cyber yang sangat awam dengan dunia pertuyulan ini, tapi karena rasa penasaran akhirnya mencoba mencari informasi terkait cara menangkap tuyul dari media online, dan kemudian dari hasil informasi tersebut akhirnya dirangkumlah artikel ini, sehingga dapat dinikmati bagi para pembaca blog, khususnya bagi yang merasa penasaran tentang keberadaan tuyul.

Dari hasil penelusuran informasi tersebut, akhirnya penulis blog Karo Cyber membuat beberapa rangkuman tentang cara menangkap tuyul, dimana diantara cara-cara menangkap tuyul seperti yang banyak disebut-sebut tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menaburkan Kacang Hijau
Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menangkap tuyul adalah dengan cara menaburkan kacang hijau yang dicurigai sebagai lokasi yang dilewati oleh tuyul. Disebutkan bahwa bila tuyul tersebut melihat kacang yang berserak, dia akan segera mengumpulkan dan menghitung jumlahnya. Seperti cerita yang beredar dari mulut kemulut menyebutkan bahwa tuyul ternyata dapat menghitung, tetapi jumlahnya tidak lebih dari 10, sehingga keberadaan jumlah kacang hijau yang sangat banyak akan membuat tuyul tersebut kebingungan untuk menghitungnya.

2. Memasukkan Yuyu di Dalam Baskom
Cara menangkap tuyul lainnya adalah dengan memasukkan beberapa ekor yuyu atau sejenis kepiting air tawar kedalam sebuah baskom yang terbuka, dimana keberadaan baskom tersebut telah diisi air. Letakkan baskom yang berisi beberapa ekor yuyu ditempat yang dianggap strategis dan akan dilewati tuyul. Menurut cerita yang berkembang menyebutkan bahwa bila tuyul melihat yuyu tersebut, maka dia akan segera bermain dengan binatang itu, bahkan bisa hingga menjelang pagi.

3. Menggunakan Cermin Kecil
Cara yang terakhir adalah menggunakan cermin kecil yang berbentuk bundar. Menurut kepercayaan banyak masyarakat bahwa tuyul adalah makhluk yang paling suka bercermin. Bahkan ketika bercermin tuyul juga akan merasa penasaran dengan bagian kepalanya yang gundul alias botak, dan hal ini membuatnya berkaca terus menurus sambil mengusap bagian kepalannya yang licin.

Itulah beberapa cara menangkap tuyul secara mudah yang dapat dilakukan oleh seorang pemula. Meski artikel ini sudah dipublikasikan melalui blog Karo Cyber, tetapi pada kenyataanya penulis sendiri belum pernah mencoba tips-tips diatas, tapi adapun tulisan ini dipublikasikan adalah bertujuan untuk menambah pengetahuan belaka. Demikian dan semoga bermanfaat.

0 komentar :

Tulisan Terkait: