23 Juli 2013

Selamat Hari Anak Nasional 2013

Selamat Hari Anak Nasional 2013 - Hari Anak Nasional adalah peryaan yang diselenggarakan pada setiap tanggal 23 Juli di Indonesia. Pada awalnya peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia muncul dari gagasan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi kaum anak. Peringatan ini sendiri sesuai dengan Keputusan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984.
selamat hari anak nasional 2013
Hari Anak Nasional 2013 sendiri jatuh pada hari ini, yaitu Selasa (23/07/2013). Melalui momentum ini tentu semua warga negara Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak Indonesia, supaya dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal, dan dengan demikian akan muncul generasi penerus bangsa yang tangguh, berkualitas, kreatif, sehat, cerdas, berprestasi, dan juga berakhlak mulia.

Melalui Hari Anak Nasional juga sekaligus sebagai momentum untuk mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia agar melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya sesuai dengan apa yang tertuang dan telah ditetapkan melalui Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002, yaitu mengenai Perlindungan Anak, serta mengupayakan perlindungan tersebut sekaligus mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa diskriminasi.

Selain itu melalui peringatan Hari Anak Nasional 2013 juga dapat dijadikan sebagai momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa membeda-bedakan atau diskriminatif, memberikan yang terbaik untuk anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan tumbuh kembangnya.

Sebagai dari puncaknya, diharapkan agar seluruh elemen masyarakat, khususnya para orang tua agar selalu berupaya untuk meningkatkan kesadaran anak akan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat, serta kepada bangsa dan negara.

Adapun tema Hari Anak Nasional 2013 seperti yang tertulis di situs Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) adalah "Indonesia Yang Ramah Dan Peduli Anak Dimulai Dari Pengasuhan Dalam Keluarga", serta dengan sub tema "Perkuat jati diri anak Indonesia melalui penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa; Penuhi hak identitas anak melalui akta kelahiran; Kembangkan potensi anak sejak dini sesuai minat dan bakatnya; Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak; Dengarkan dan hargai suara dan pendapat anak; Tingkatkan kepedulian untuk mencegah kekerasan terhadap anak; Wujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, tangguh dan mandiri; Ilmu pengetahuan dan teknologi yang sehat sebagai media pengembangan inovasi dan kreatifitas anak."

Melalui momentum Hari Anak Nasional 2013, YLKI juga membuat slogan yang cukup menggugah, yaitu "Stop kekerasan terhadap anak; Partisipasi dan kemandirian anak tentukan masa depan bangsa; Dukung keluarga dalam membangun kemandirian dan daya tahan anak; Anak cerdas gunakan Internet sehat; Bersama kita wujudkan Indonesia Layak Anak."

Karena begitu pentingnya memperingati Hari Anak Nasional, sehingga pada hari ini Google sebagai situs terkemuka di Dunia juga tampak turut merayakakan penyelenggaraan ini. Terlihat bahwa Google dengan senang hati telah menghadiahkan desain khusus untuk Hari Anak Nasional Indonesia 2013. Desain tersebut terpampang jelas di laman pencariannya dengan gambar dua anak berseragam Pramuka dan Sekolah Dasar. Selamat Hari Anak Nasional 2013

0 komentar :

Tulisan Terkait: