14 Juli 2013

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu - Madu adalah cairan manis yang dihasilkan oleh lebah atau serangga dari nektar bunga dan berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Khusunya sebagai mencegah tumbunya bakteri didalam tubuh, sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada usus besar, mengobati sakit tenggorokan dan batuk, mengurangi bau badan, dan juga mengobati luka.

Karena begitu besarnya peranan madu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit, sehinga keberadaan madu sangat dibutuhkan bagi mereka yang peduli dengan kesehatan. Atas besarnya permintaan akan madu membuat produk ini sering dipalsukan oleh beberapa orang yang tidak bertanggungjawab.

Adapun madu yang dipalsukan biasanya berupa larutan yang menyerupai madu, dibuat dengan ciri hampir mirip dengan madu asli, sehingga bagi orang awam sangat sulit untuk membedakan antara madu yang palsu dengan asli.

Lalu bagaimana cara membedakan antara madu asli dengan palsu? Memang terkadang muncul pernyataan keliru bahwa membedakan madu palsu dan asli cukup hanya dengan cukup hanya dengan menguji coba apakah madu tersebut dikerubutin semut atau tidak. Hal ini belum tentu sepenuhnya benar, sebab memang ada sebagian semut yang tidak suka madu, khususnya untuk semut besar, tetapi semut kecil akan menyukainya.

Adapun cara membedakan antara madu asli dan palsu dapat dilakukan dengan beberapa uji coba. Berikut adalah beberapa uji coba yang harus Anda lakukan dalam memastikan madu asli atau palsu:
1. Mencampurkan madu dengan air, maka madu asli tidak akan tercampur, sementara sebaliknya madu yang palsu dengan mudah akan tercampur dengan larutan air.

2. Memasukkan madu kedalam piring yang berisi air, kemudian diguncang, maka apabila madu asli akan membentuk sebuah pola yang mirip dengan sarang lebah, sementara madu palsu tidak demikian, tetapi akan bersampur karena memiliki kandungan air yang tinggi.

3. Mengetes madu asli bisa juga dilakukan dengan cara meneteskan madu pada kertas, bila madu palsu akan terserap oleh kertas karena kadar airnya tinggi.

4. Hal lainnya dapat juga dilakukan dengan cara memanaskan madu pada sebuah sendok yang di bakar dengan lilin, bila madu asli akan mendidih hingga busanya tumpah, sementara madu palsu tidak dan busanya sedikit.

5. Anda juga dapat mengetes keaslian madu dengan cara memasukkan batang korek api pada madu beberapa saat, setelah itu di pantik (dibakar) dengan korek api, jika korek tersebut masih menyala, berarti madu itu asli.

6. Hal terakhir untuk mengecek keaslian madu dapat dilakukan dengan cara mencampurkan madu dengan kuning telur. Bila Anda menggunakan madu asli, maka telur tersebut akan ter-koagulasi yang terlihat seperti matang, karena madu mengandung asam, dan telur mengandung protein yang bila di campur akan menggumpal dan terlihat seperti matang.
Demikianlah cara membedakan madu asli dan palsu yang dapat kami informasikan kepada Anda. Semoga informasi singkat ini kiranya bermanfaat...

0 komentar :

Tulisan Terkait: