06 Mei 2013

Kandungan Nutrisi Pada Kacang Hijau

Kandungan Nutrisi Pada Kacang Hijau - Kacang hijau adalah salah satu jenis tanaman budidaya dan palawija, serta sudah dikenal secara luas di seluruh dunia, khususnya pada daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk dalam jenis polong-polongan ini ternyata memiliki banyak manfaat terhadap kehidupan manusia sehari-hari, khususnya sebagai bahan pangan dengan kadar protein dan nabati yang sangat tinggi.

kandungan nutrisi pada kacang hijau

Kacang hijau juga masuk sebagai tanaman pangan legum nomor tiga terbesar di Indonesia, setelah kedela dan kacang tanah. Adapun bagian paling bernilai ekonomi dari kacang hijau adalah bagian bijinya. Umumnya biji kacang hijau di rebus hingga lunak, setelah itu dapat dimakan secara langsung, atau bisa juga dibuat menjadi bahan dasar bubur.

Selain itu biji kacang hijau yang sudah matang kerap juga digerus dan dijadikan sebagai isi dari berbagai makanan ringat, seperti bakpau, onde-onde, dan juga gandas turi. Selain itu kecambah kacang hijau sering juga dikonsumsi sebagai sayuran dan dikenal dengan istilah tauge.

Kandungan Nutrisi Pada Kacang Hijau


Berikut ini adalah berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang hijau dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bila dijadikan sebagai bahan konsumsi atau makanan.
      
Rendah karbohidrat   
Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program muscle building
      
Rendah lemak   
Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik, sebab kacang hijau hampir tidak mengandung lemak.

Kaya antioksidan   
Kecambah kacang hijau memiliki kandungan fitosterol (15 mg/100 gr) yang berfungsi sebagai antioksidan.
   
Kaya vitamin   
Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B1 (thiamin) yang tinggi. Asam folat sebanyak 159 µg/100 gr dan thiamin sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme.
   
Kaya mineral   
Kacang hijau kaya akan mineral, dalam 100 gramnya mengandung seperti potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

Tinggi protein   
Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.

Tinggi kandungan serat   
Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.
   
Kaya enzim aktif   
Kacang hijau yang sedang dalam masa perkecambahan. Kaya akan enzim aktif seperti amilase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini rusak pada suhu diatas 400 C, hindari pemanasan dengan suhu tinggi.

Mengandung asam lemak esensial   
Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

0 komentar :

Tulisan Terkait: