10 Mei 2013

Cara Berfoto dengan Gaya yang Bagus

Cara Berfoto dengan Gaya yang Bagus - Keberadaan teknologi yang berkembang secara pesat akhir-akhir ini telah mendekatkan keberadaan foto dengan kehidupan masyarakat. Hampir setiap orang telah memiliki smartphone dengan resolusi kamera yang baik, selain itu keberadaan situs pertemanan seperti halnya Facebook dan Twitter juga turut mendongkrak kebutuhan akan foto-foto semakin hari semakin meningkat.

Perpaduan antara smartphone dengan keberadaan kamera yang mumpuni dengan situs jejaring sosial telah menjadikan keberadaan foto begitu penting bagi kehidupan seseorang. Namun demikian untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang baik dan kemudian akan dipublikasikan di situs media sosial agar mendatangkan kekaguman dari orang lain ternyata masih perlu untuk dipelajari.

Lalu bagaimanakah cara berfoto yang bagus, baik dari segi gaya, pencahayaan dan sebagainya agar dapat menghasilkan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut ini adalah penjelasan tentang cara berfoto yang baik dan benar seperti yang dikutip blog Karo Cyber dari berbagai sumber:

1. Harus dekat dengan obyek
Ketika berfoto dengan menggunakan kamera ponsel, maka agar hasilnya terlihat bagus tanpa adanya efek blur, upayakanlah dalam memfoto dekat dengan obyek. Selain itu hindarilah menggunakan fitur zoom, terutama bila Anda bisa maju mendekati obyek.

2. Pastikan cukup cahaya
Secara umum kelemahan yang terdapat pada kamera ponsel adalah tidak memiliki kemampuan lebih dalam mengatur pencahayaan. Sekalipun ada, kemampuannya juga sederhana, sehingga tidak bisa diatur dan disesuaikan seperti kamera DSLR pada umumnya. Dalam hal ini, maka pastikanlah saat Anda hendak memfoto selalu mengecek kembali pencahayaannya.

3. Lupakan flash
Memang kebanyakan kamera ponsel keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan flash, khususnya ketika dipindahkan kepada night mode. Tetapi perlu diingat bahwa flash akan membuat wajah Anda terlihat kusam dan berminyak. Hasilnya tentu kurang bagus, sehingga dalam hal ini lebih baik andalkan pencahayaan yang cukup ketimbang harus memakai flash.

4. Motionless
Karena memiliki kecepatan menangkap pergerakan yang lamban, kamera handphone memang tidak bisa digunakan menangkap obyek bergerak. Anda harus memilih obyek yang diam dan tenang, sehingga Anda bisa fokus dalam mengambil gambar.

5. Gunakan aplikasi editing
Beberapa software editing foto versi mobile telah diluncurkan, seperti misalnya: pixlromatic, LINE Camera, pixmix, InstaFrame, FotoRus, Instagram, dan lain sebagainya. Berbagai aplikasi tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan foto lebih bagus, baik dari segi gaya dan juga pencahayaannya.

Dari kelima cara berfoto dengan gaya yang baik dan benar diatas, tentu masih banyak kelemahan-kelamahan lain yang akan Anda hadapi. Meski demikian paling tidak cara ini tentunya akan dapat membantu Anda untuk menghasilkan sebuah karya foto yang layak disukai oleh banyak teman-teman di situs jejaring sosial ketika Anda mempublikasikan hasilnya kepada mereka.

0 komentar :

Tulisan Terkait: