20 April 2013

Tips Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat - Menentukan masa depan yang baik dan cerah bukanlah sebuah perkara mudah. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang akan lulus SMA, maka sudah barang tentu ada juga yang merasakan sulit untuk menentukan tempat kuliah dimana, jurusan apa, universitas apa yang baik, dan lain sebagainya. Dalam menjawab segudang pertanyaan tersebut sesungguhnya ada pada kekuatan diri sendiri untuk dapat membaca passion yang sesuai dengan jurusan yang dapat dipilih kedepannya. Intinya jangan sempat kesasar!

Menentukan jurusan studi yang pas dapat direncanakan dengan beragam langkah. Dalam hal ini kita dapat meninjau dari beragam hal dimulai dari biaya, kualitas, pendapat dari beberapa alumnus, sampai prospek ke depannya sesudah lulus dari jurusan itu. terlebih di jaman era teknologi informasi, sehingga hampir semua informasi dapat dicari dengan mudah, dan hal itu dapat dipergunakan untuk membimbing kita agar tidak tersesat didalam memastikan jurusan studi.

Hal-hal apa saja sebenarnya yang perlu diketahui dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat bagi Anda? Untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, maka berikut ini akan dipublikasikan tips bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat yang terdiri dari tiga bagian paling penting, yaitu sebagai berikut:

Pertama, jika Anda memang betul-betul belum memiliki pandangan, maka cobalah searching laman universitas-universitas terkemuka di Indonesia (atau bila bisa di luar negeri). Dari lamaan-lamaan universitas yang ada, maka Anda akan dapat membaca berita-berita perihal prestasi serta penjelasan-penjelasan jurusan yang menarik. Umumnya jurusan yang diunggulkan kerap diberitakan di laman situs kampus tersebut.

Khusus bagi Anda yang telah memiliki padangan sendiri, seperti misalnya Anda telah berminat kuliah di jurusan komunikasi, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mencoba mencari informasi sebanyak-banyak dari lamanaan yang tersedia perihal jurusan komunikasi di beragam kampus. Makin banyak info yang diterangkan maka pasti makin menambah kepercayaan untuk kuliah di sana. Bila kita asumsikan hal ini ketika Anda akan membeli sebuah barang, maka langkah ini ini merupakan cara Anda untuk melihat-lihat produk yang tepat. Bila Anda belum menemukan barang yang tepat, maka Anda bisa mencoba melihat-lihat lagi barang yang lainnya.

Kedua, cobalah masuk ke forum-forum bertanya jawab di internet. Dalam hal ini pilihlah forum bertanya yang terbuka dan terpecaya, dan salah satu contohnya mungkin adalah Yahoo Answer. Disana Anda dapat membuktikan sebuah kebenaran informasi seputar kampus yang hendak Anda jadikan sebagai tempat menimba ilmu nantinya. Melalui forum tersebut Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang lumayan relevan, serta akan membuka wawasan Anda mengenai tentang sebuah kampus tersebut.

Ketiga, bila telah memakai media internet cobalah ikuti tes potensi akademik. Umumnya sekolah-sekolah akan menyediakan tes ini untuk siswa di kelas XII. Dalam hal ini Anda akan tertuntun untuk menentukan jurusan yang pas dan sesuai dengan kemapuan akademik Anda. Meski demikian bila pada kenyataanya ketertarikan yang Anda inginkan tidak masuk didalam jurusan yang disarankan, maka tidak musti mengurangi rasa percaya diri Anda, sebab hal itu hanyalah sebagai anjuran saja, tapi pada kenyataanya keputusan tetap berada ditangan Anda.

Dari beberapa tips yang telah dipublikasikan diatas, maka sebagai dari intinya yaitu pastikan jurusan yang Anda sukai. Cobalah pikirkan sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Janganlah tergiur dengan prospek kerjanya  yang gampang atau pendapatannya tinggi. Sebagai contoh misalnya sampai sejauh ini jurusan paling populer karena terbukti akan mendapatkan penghasilan tinggi setelah tamat adalah jurusan kedokteran. Namun  apabila dari diri sendiri nyatanya tidak tahan melihat darah, tetapi lantas dipaksakan untuk mengejar jurusan tadi, tentu pasti Anda tidak akan nyaman. Dalam hal ini Anda memang benar-benar perlu dipertimbangkan ketertarikan, kekuatan, kemudian yang paling akhir adalah prospeknya. Logikanya bila sesuatu jurusan studi dibentuk pasti ada prospek kerja yang tersedia? Jadi tidak perlu takut.

0 komentar :

Tulisan Terkait: