29 April 2013

Cara Mengenali Bahan Tekstil yang Mudah Luntur

Cara Mengenali Bahan Tekstil yang Mudah Luntur - Bagi Anda yang dapat mengenali bahan tekstil yang mudah luntur dengan baik merupakan salah satu tips cara berbelanja kain atau busana secara cerdas. Sebab ketika Anda telah mengetahui seperti apa ciri-ciri bahan tekstil yang mudah luntur, maka tentunya hal ini dapat Anda jadikan sebagai refrensi untuk mendapatkan kain yang terbebas dari luntur.

Memang tidak dapat pula dipungkiri bahwasannya proses pembuatan bahan tekstil juga akan berpengaruh tehadap harga. Artinya semakin mahal harga kain, sehingga kualitas yang dihasilkan juga akan semakin baik, dan tentunya hal ini juga sekaligus akan berpengaruh terhadap luntur atau tidaknya sebuah pakaian yang hendak akan Anda beli itu.

Selain itu bahan atau jenis kain juga menentukan apakah kain tersebut mudah luntur atau tidak. Seperti kain katun misalnya, bila Anda memilih kain dengan bahan dasar katun, maka kecil kemungkinan pakaian tersebut luntur, sebab salah satu kelebihan kain yang terbuat dari katun adalah meski terbuat dari bahan berwarna, tetapi kain tersebut tidak akan luntur saat dicuci.

Sementara itu beberapa jenis kain untuk jeans rentan akan kelunturan saat hendak dicuci. Meski demikian ada juga beberapa tips yang bisa dilakukan agar kelak kain ini tidak mudah luntur saat dicuci, msalnya dengan mencuci kain dengan menggunakan dertergen non abrasive.

Khusus untuk kain jeans yang luntur, maka Anda juga dapat mengatasinya dengan cara menambahkan cuka dalam cucian, sebab hal ini akan berfungsi untuk melapisi warna jeans, sekaligus melindungi warna kain agar tidak cepat pudar. Dalam hal ini Anda dapat menambahkan 1/8 cuka pada air cucian.

Mengatasi agar bahan tekstil tidak mudah luntur dapat juga dilakukan dengan cara tidak mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung, sebab hal ini akan merusak warna kain. Dalam hal ini Anda bisa memeras kain dengan tangan saja kemudian jemur di bawah sinar matahari secara tidak langsung.

Mengenali bahan tekstil yang tidak mudah luntur memang gampang-gampang susah, sehingga bagi seseorang yang awam akan sulit mengenalinya secara baik dan benar. Tetapi dalam hal ini bagi Anda seseorang yang masih sangat awam untuk mengenali ciri-ciri kain yang mudah luntur, maka sebagai alternatif Anda dapat meminta bantuan dari para ahli kain untuk menentukannya secara tepat.

0 komentar :

Tulisan Terkait: