28 Juni 2012

Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Dinas - Tulisan ini akan mempublikasikan contoh surat dinas. Namun sebelum mempublikasikan contoh surat dinas resmi ini, maka terlebih dahulu kita bahas mengenai artis surat dinas itu sendiri. Surat dinas adalah surat yang dikeluarkan oleh instalasi resmi pemerintah. Adapun fungsi surat dinas adalah sebagai sarana komunikasi dan juga alat bukti bagi perkembangan sebuah institusi pemerintahan.

Surat dinas juga sering digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instalasi dinas dan tugas kantor. Surat dinas juga sangat berperan penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instalasi.

Untuk mengenal surat dinas, maka ada 6 ciri-ciri utama yang harus kita ketahui, yaitu diantaranya:

1. Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
2. Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
4. Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
5. Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
6. Format surat tertentu

Setelah mengetahui arti dan juga fungsi, serta ciri-ciri surat dinas, maka berikut ini adalah sebuah contoh surat dinas yang akan dipublikasikan kepada teman-teman semuanya. Berikut adalah contoh surat dinas selengkapnya:
Bandung, 2 Juli 2011

No : 99/KI/M/7.2011

Kepada Yth.
PT. Dino Kino
Bumi Sepoi Damai, Cicalengka Kav. 3

Perihal : Kunjungan Kerja Lapangan dan Industri

Teriring salam hormat kami sampaikan kepada Bapak beserta staf, semoga dalam keadaan sehat wal afiat, sukses dan mendapat kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sesuai dengan pemberitahuan secara lisan melalui staf kami perihal kunjungan ini, maka melalui surat ini diberitahukan bahwa kami akan melaksanakan kunjungan industri dalam rangka pengembangan kurikulum Program Studi di perusahaan Bapak dengan jadwal sebagai berikut :

Hari / Tanggal : Kamis, 21 Juli 2011
Waktu :10.00 s.d 16.00 WIB

Selanjutnya apabila ada perubahan jadwal, kami akan mengkonfirmasi kepada Bapak secepatnya.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

a.n. Rektor ,
Rektor Bid. Kemahasiswaan

Yus Saputra
NIP 93039303039309

Tembusan :
- Direktur (Sebagai Laporan)
- Ka. Bag. Keuangan
Demikianlah informasi mengenai contoh surat dinas ini. Bagi teman-teman yang masih punya waktu luang, maka jangan lupa juga untuk membaca tulisan menarik di blog ini, yaitu tentang contoh surat lamaran kerja dan contoh surat pengunduran diri.

0 komentar :

Tulisan Terkait: