23 Juni 2012

Alan Turing : Mengenal Sosok Alan Turing

Alan Turing - Siapakah sosok Alan Turing yang hari ini menjadi Google Doodle? Alan Turing adalah seorang peneliti matematika dan komputer yang lahir pada 23 Juni 1912 dan meninggal pada 7 Juni 1954. Hari ini adalah hari ulang tahun ke-100 Alan, sehingga dengan moment hari kelahirannya ini, Google sebagai situs paling terkemuka di seluruh dunia, menjadikan sosok Alan sebagai logo yang disebut juga dengan Google Doodle.

Alan Turing
Selain dikenal pada bidang ilmu matematika. Alan Turing juga dikenal sebagai salah satu orang paling berpengaruh didunia komputer. Alan Turing adalah pencetus konsep algoritma dan komputerisasi yang diimplementasikannya pada sebuah mesin yang diberi nama Turing. Mesin Turing yang diciptakannya sering juga disebut sebagai cikal bakal komputer, yaitu sebuah mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah.

Awal karir Alan Turing didunia komputer sendiri bermula selama masa selama Perang Dunia II. Saat itu Turing bekerja untuk GCCS di Bletchley Park, yaitu sebuah pusat pengkodean di Inggris. Di GCCS Turin menjabat sebagai kepala divisi Hut 8 yang bertugas untuk membaca sandi angkatan lau Jerman. Pada saat bertugas sebagai pembaca sandi inilah Turin menemukan beberapa teknik untuk memecahkan cipher Jerman, termasuk juga cara Bombe, yaitu sebuah mesin elektromekanis yang bisa menemukan pengaturan untuk mesin Enigma.

Setelah perang berakhir, Alan Turing kemudian bekerja di National Physical Laboratory, pada tempat kerja barunya tersebut Turin kemudian menciptakan sebuah progam komputer untuk menyimpan data yang bernama ACE. Secara resmi di tahun 1948 Turing akhirnya bergabung dengan Laboratorium Komputasi Max Newman di Manchester University, disini dia bertugas untuk membantu pengembangan Manchester dan kemudian tertarik pada matematika biologikal. Dia menulis sebuah makalah tentang dasar kimia morfogenesis, dan dia memperkirakan reaksi kimia berosilasi seperti reaksi Belousov-Zhabotinsky, yang pertama kali diamati pada tahun 1960.

Tampil dengan berbagai kemampuan dan keahlian, Alan Turing juga tidak luput dari perbuatan kontroversi. Pada tahun 1952 dia dituntut pidana, karena alasan tindakan homoseksual, dimana tindakan ini pada masa itu masih dianggap sebagai perbuatan ilegal di Inggris. Pada tahun 1954, Alan Turing meninggal dunia, tepatnya sebelum 2 minggu hari ulang tahunnya yang ke-42.

Kematian Alan Turing juga masih kontroversi hingga kini. Dari hasil investigasi ditemukan indikasi bahwa Alan meinggal karena bunuh diri. Namun pihak keluarga menyebutkan bahwa Alan meninggal karena kecelakan. Meninggalnya Alan Turin diketahui karena keracunan sianida.

Saat ini nama Alan Turing sudah dibersihkan oleh pemerintah Inggris. Pada tanggal 10 September 2009, menyusul kampanye internet, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown membuat permintaan maaf secara resmi kepada publik atas nama pemerintah Inggris tentang cara dan dimana Turing dirawat setelah perang.

0 komentar :

Tulisan Terkait: