25 Mei 2012

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Keuangan adalah salah satu masalah yang pelik dan sering dialami oleh sebagian besar rumah tangga di seluruh dunia. Tidak jarang pula, akibat masalah keuangan membuat hubungan dalam rumah tangga harus berakhir.

Banyak pasangan suami istri menjadi stres dalam penanganan masalah keuangan rumah tangga. Salah satu pemicu masalah keuangan ini adalah ketidaan rencana keuangan yang kompak dan kerja sama antara pasangan suami dan istri.

Sebenarnya sebuah hal yang simpel dalam cara mengatur keuangan rumah tangga. Kunci utamanya adalah adanya komunikasi secara efektif antara pasangan suami dan istri. Namun bukan hanya itu saja yang diperlukan, tetapi pasangan suami istri juga harus turut ambil bagian dengan baik dalam perencanaan dan pengeluaran keuangan tersebut.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dapat dimulai dari menentukan langkah-langkah yang harus dilalui, yaitu dengan membuat skala proritas, serta tujuan dan penggunan keuangan rumah tangga, dan jangan lupa pula membuat daftar pengeluaran untuk setiap bulannya.

Semua keputusan memang harus diambil keduabelah pihak, yaitu antara pasangan suami dan istri. Keputusan-keputasan yang demikian tentunya adalah sebuah keputusan besar, seperti contoh membeli rumah, membeli mobil bekas dan juga mobil baru, atau bahkan pilihan pekerjaan juga harus dibuat berdasarkan keputusan bersama.

Semua keputusan bersama ini tentu harus dipertanggungjawabkan pula secara bersama-sama oleh pasangan suami dan istri. Dengan demikian pasangan akan lebih fokus pada aspek-aspek yang menyenangkan didalam pernikahan dan terlepas dari sebuah perkelahian yang diakibatkan oleh kondisi keuangan yang tidak menentu.

Berikut Anda juga bisa menyaksikan cuplikan video tentang cara mengatur keuangan rumah tangga yang bersumber dari youtube:


Video Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

0 komentar :

Tulisan Terkait: