22 Juli 2011

Kari Massaman

Kari Massaman - Kari Massaman adalah masakan yang berasal dari Thailand. Kari Massaman terbuat dari daging sapi, merupakan masakan halal karena dibuat sendiri oleh orang muslim yang tinggal di Thailand.

Kari MassamanFoto Kari Massaman

Bahan-bahan pembuatan Kari massaman biasanya terdiri dari santan, kacang mente, kentang, daun salam, kapulaga, kayu manis, gula, saus ikan, dan saus asam.

Berikut adalah resep Kari Massaman, juga berikut cara memasaknya:

Bahan-bahan:
- 1/4 kg daging sapi
- 1/2 cangkir santan
- 1 sdm pasta kari masaman
- 1 cangkir bawang merah
- 1 cangkir kentang
- 1/2 sendok makan garam
- 2 sendok makan gula
- 1 sendok makan asam
- 2 mencubit kapulaga
- 1/4 cangkir kacang mete
- 1 batang kayu manis
- 2 daun daun salam

Cara memasak:
Kupas dan memotong kentang menjadi potongan besar, 1 "x 1" x 1 ". Jika Anda ingin memiliki Masaman selama beberapa hari, potong beberapa kentang lebih besar. Jadi, ketika Anda memanaskan untuk nanti, potongan kentang jangan terlalu kecil. Potong daging sapi dan bawang ke dalam ukuran yang sama. Anda dapat mengganti daging sapi dengan daging ayam atau daging kambing sesuai dengan selera anda.

Panaskan daging sapi dengan santan selama beberapa saat sampai hangat dan aduk. Memecah pasta dan aduk dengan santan. Aduk terus-menerus untuk menjaga campuran lengket. Bila Anda melihat minyak merah meluapkan (sekitar 5 menit), tambahkan daging dan aduk untuk menutupi daging dengan kari. Tambahkan setengah cangkir air atau cukup mencakup semua daging. Tambahkan sisa bahan, kecuali kentang, bawang dan kacang mete. Rebus selama 1/2 jam atau sampai daging sapi semakin lembut. Tambahkan kentang, bawang dan kacang mede. Biarkan mendidih selama 20 menit lagi.

Setelah proses memasak Kari Massaman telah usai, maka silahkan sajikan pada mangkuk saji yang sudah tersedia. Selamat mencoba...

1 komentar :

dr.elfriadi mengatakan...

nah ,,, enurut survei kari massaman adalah masakan terenak di dunia .. wew... jadi pengen ngerasain kari ini .. bahan2 nya lengkap gak di jual di passar tradisional indonesia ????

Tulisan Terkait: