24 Juni 2011

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil - Bagi anda para ibu hamil yang selama ini sering bertanya-tanya bagaimanakah sebenarnya posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Nah mudah-mudahan tulisan ini akan bermanfaat jika anda mencoba membacanya dengan seksama.

ibu hamil tidurFoto Ilustrasi Ibu Hamil

Ketika usia kandungan semakin tua, tentu perut ibu akan kelihatan semakin membesar, dan saat itu anda akan mulai merasakan kurang nyaman ketika hendak tertidur. Tapi ini semua tentu akan memiliki nilai yang lebih besar, ketika kehadiran sikecil akan tiba pada waktunya.

Jadi inti dari tulisan ini bagi yang ingin menanyakan tentang posisi tidur yang baik, khususnya bagi para ibu hamil? Berikut adalah jawabanya...

Sejauh ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi para pakar menganjurkan bahwa setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sisi kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Posisi ini juga terbukti dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. .

Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman anda dapat meletakka bantal diantara dengkul anda dan satu dipunggung anda. Atau anda dapat membeli bantal tidur khusus ibu hamil.

0 komentar :

Tulisan Terkait: