17 Juli 2011

Masa Subur setelah Haid

Masa Subur setelah Haid - Banyak para wanita kebingungan menentukan masa subur setelah haid. Oleh karena ingin membantu memberikan informasi agar kebingungan tersebut sedianya bisa teratasi, maka timbul ide penulis untuk menuliskan artikel berjudul masa subur setelah haid ini.

masa subur
Gambar Ilustrasi Menghitung Masa Subur

Seperti diketahui bahwa masa subur setelah haid ternyata bisa diprediksi dengan cara sistem kelender atau dikenal juga dengan istilah pantang berkala. Metode ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu menghitung kapan saatnya masa subur seorang wanita dan perhitungan itu sendiri didapatkan dari masa haid yang sudah berlangsung pada bulan sebelumnya.

Berikut adalah rumus menghitung masa subur setelah haid, dengan cara menghitung siklus haid yang teratur yaitu 28 hari:
* Hari Pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1

* Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh: Bila seorang wanita haid mulai pada tanggal 1 April, maka hari pertama siklus haid adalah pada tanggal 1 April. Dan masa subur selanjutnya setelah hait akan terjadi pada tanggal 12 April hingga tanggal 16 April.
Berikut adalah rumus menghitung masa subur setelah haid, dengan cara menghitung siklus haid yang tidak teratur:
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.

* Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

* Rumus

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh : Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.
Semoga informasi tentang masa subur setelah haid ini bisa membantu anda semua untuk menentukan kapan masa subur anda sedang berlangsung. Bila anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang informasi ini, maka silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah tulisan ini. Salam...

0 komentar :

Tulisan Terkait: