18 Mei 2011

Saif al-Adel

Saif al-Adel - Seiring dengan meninggalnya Osama bin Laden, nama Saif al-Adel kini tengah mengemuka dan disebut-sebut sebagai pemimpin al-Qaeda menggantikan Osama. Saif al-Adel adalah mantan perwira Pasukan Khusus Mesir dan dilaporkan pernah terlibat dalam serangan bom terhadap keduataan Amerika Serikat di Afrika pada tahun 1998 yang lalu.

Foto Saif al-Adel

Dari lamaan wikipedia disebutkan pula bahwa Saif al-Adel adalah anggota majelis syura al-Qaeda sekaligus menjadi anggota komite militer. Selama ini Saif al-Adel disebut-sebut sebagai orang yang bertanggung jawab untuk pelatihan militer dan intelenjen bagi anggota al-Qaeda di Mesir dan juga Afganistan.

Terungkapnya Saif al-Adel sebagai pemimpin baru gerakan al-Qaeda menggantikan Osama bin Laden berasal dari laporan eks militan Libya, Noman Benotman yang telah meninggalkan ideologi Al Qaeda. Norman menyebutkan bahwa Adel dipilih sebagai pemimpin sementara al-Qaeda.

Selain dari laporan Norman Benotman, hal lain yang mengungkapkan bahwa memang benar Saif al-Adel telah menjadi pemimpin al-Qaeda berasal dari laporan surat kabar Pakistan, The News. Dari laporan surat kabar tersebut mengutip dari pernyataan dari beberapa orang yang tidak disebutkan jati dirinya, bahwa memang benar Adel telah dipilih menjadi pemimpin baru al-Qaeda.

Menelisik lebih jauh tentang siapa sebenarnya sosok Saif al-Adel ini, maka di wikipedia disebutkan, bahwa dia adalah salah satu dalang pembunuhan Presiden Mesir, Anwar Al Sadat. Pada tahun 1988 Adel telah pergi meninggalkan negara Mesir dan bergabung dengan kelompok mujahidin untuk memukul mundur invasi Soviet di Afghanistan.

Setelah kepergianya dari Mesir, dia diyakini pergi ke Lebanon bagian Selatan. Pada saat berada di Lebanon diperkirakan Saif al-Adel telah dilatih untuk menangani pembuatan bahan peledak.

0 komentar :

Tulisan Terkait: