22 Mei 2011

Gelombang Televisi

Gelombang Televisi - Gelombang Televisi adalah sebuah istilah yang jarang dipakai dalam bahasa sehari-hari maupun secara bahasa ilmiah pada institusi pendidikan. Namun dari lamaan yang didapatkan Karo Cyber dari wikipedia menyebutkan bahwa, gelombang Televisi merupakan bagian dari gelombang radio sepertihalnya pada radar dan telepon genggam pada umumnya.

Mengacu kepada gelombang Radio, maka gelombang Televisi dapat juga diartikan sebagai teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Ketika gelombang Televisi dipancarkan melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Hal ini kemudian dapat diubah menjadi signal audio atau lainnya yang membawa informasi.

Gelombang Televisi merambat pada frekuensi 100,000 Hz sampai 100,000,000,000 Hz, sementara gelombang audio merambat pada frekuensi 20 Hz sampai 20,000 Hz. Pada siaran Televisi, gelombang audio dan video tidak ditransmisikan langsung melainkan ditumpangkan pada gelombang Televisi yang akan merambat melalui ruang angkasa.

0 komentar :

Tulisan Terkait: