17 April 2011

Contoh Membuat Artikel

Contoh Membuat Artikel - Dalam pembuatan sebuah artikel, maka hal-hal yang harus terlebih dahulu dipahami adalah mengenai kerangka atau bagian-bagian dari artikel yang akan ditulis itu sendiri. Adapun kerangka dalam sebuah artikel yang dimaksudkan disini adalah diantaranya sebagai berikut ini:

1. Pendahuluan mengawali artikel.

Pendahuluan harus dapat memikat perhatian pembaca dan menggambarkan ide pokoknya. Empat macam pendahuluan artikel adalah:

a. kutipan - menggunakan sebuah kutipan yang sesuai dengan tema artikel

b. anekdot - narasi yang mengisahkan sebuah cerita

c. ringkasan - menceritakan apa, siapa, mengapa, berapa, kapan, di mana, dan bagaimana

d. pernyataan yang mengejutkan - memompa minat pembaca dengan pembukaan yang tidak biasa

2. Tubuh artikel mengikuti pendahuluan artikel.

Sebuah paragraf harus mengalir lancar dari satu paragraf ke paragraf berikutnya, dengan panjang kalimat dan struktur kalimat yang beragam agar menambah daya tarik. Beberapa jenis tulisan yang dapat digunakan di bagian ini termasuk anekdot yang digunakan untuk menggambarkan ide, kutipan dan percakapan untuk menambah sentuhan pribadi, serta contoh-contoh yang spesifik yang memberikan bobot kepada artikel.

3. Tubuh artikel diikuti dengan kesimpulan yang baik.

Gunakanlah bagian ini untuk meringkas ide utama dan menekankan tujuan yang dimaksud oleh artikel.

Nah setelah mengetahui mengenai kerangka dari sebuah artikel yang terdiri dari 3 poin penting diatas, maka bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh seputar contoh membuat artikel, maka selengkapnya bisa juga melihat contoh artikel pendidikan yang sudah pernah diposting diblog ini.

0 komentar :

Tulisan Terkait: