16 November 2010

Sumiati binti Salan Mustapa

Sumiati binti Salan Mustapa - Sumiati binti Salan Mustapa adalah seorang tenaga kerja Wanita (TKW) asal Indonesia yang dalam seharian terakhir sering muncul dipemberitaan hampir diseluruh halaman media online. Sumiati menjadi sorotan media bukan karena prestasinya dinegeri orang sebagai pekerja asal Indonesia. Namun dia menjadi sorotan media lantaran mendapatkan kekerasan oleh majikannya di negara Arab Saudi.

Perlakuan tragis yang dilakukan oleh majikannya kepada Sumiati memang tergolong sangat mengerikan. Seperti pemberitaan media The Saudi Gazette, Senin 15 November 2010, bahwa TKW asal Indonesia ini telah dianiaya oleh majikannya dengan cara mulutnya diguntung, serta tubuhnya disetrika.

Saat ini Sumiati dirawat di Rumah Sakit Fahd di Madinah. Dia sendiri saat ini telah mendapatkan perawatan khusus di Rumah Sakit tersebut.

Seperti penuturan petugas rumah sakit Fahd yang bernama Miea Mirlina, bahwa luka Sumiati memang sangat parah. Tubuhnya mengalami luka bakar di beberapa titik. Kedua kakinya nyaris lumpuh, kulit tubuh dan kepalanya terkelupas, jari tengah retak, alis matanya rusak. Dan yang lebih parah, bibir bagian atasnya hilang.

Terungkapnya kasus ini bermula saat Sumiati yang diberi upah 800 real per bulan itu mendatangi rumah sakit di Madinah. Tetapi petugas rumah sakit di sana 'angkat tangan' karena luka yang dialami sangat berat. Sumiati memerlukan penanganan lebih intensif. Akhirnya, wanita berusia 23 tahun itu dirujuk ke Rumah Sakit Raja Fahd.

Atas kekerasaan yang dialami oleh Sumiati di Arab Saudi, kini pihak keluarga menuntut pertanggungjawaban sponsor yang memberangkatkan nya. Sementara pihak rumah sakit merekomendasikan agar Sumiati menjalani operasi plastik.

2 komentar :

abdullah mengatakan...

sumiati bersabarlah. surga menantimu. wajah rusakmu akan diganti dengan wajah bidadari sebentar lagi disurgaNYa insya Allah. sebaliknya kpd majikan yg zhalim betobatlah kepada Allah yg maha tahu apa yg kamu perbuat. meminta maaf dan mengganti dam. sesungguhnya uang tidak bisa mengganti harga diri dan nilai kemanusiaan sumiati yg telah engkau nistakan. kalau engaku memang kaya, jaminlah kebutuhan hidup sumiati seumur hidupnya. sebagai tanda tobatmu kepada Allah swt. karena sekarang hidupmu berada ditangan sumiati. kalau ia mau memohon kepada Allah akan segala sesuatu menimpamu, maka DIA akan mengabulkannya. Doa orang yg dizhalimi sangat dikabulkan oleh Allah swt. takutlah akan doa orang yg kamu zhalimi. alHadits.

Anonim mengatakan...

bersbarlah sumiati. Insya Allah surga menantimu

Tulisan Terkait: