08 November 2010

Jalin Merapi Informasi Merapi

Jalin Merapi Informasi Merapi - Jalin Merapi adalah salah satu media yang dapat anda jadikan rujukan untuk mengetahui informasi tentang Merapi terkini. Bukan cuma menginformasikan mengenai Merapi secara satu arah. Namun Jalin Merapi juga memungkinkan para pengguna internet, khususnya relawan, untuk saling bertukar informasi, tidak hanya situs dan blog, tapi juga melalui SMS, Facebook maupun Twitter.

Melalui situs Jaringan Merapi juga menghadirkan streaming pemantauan Merapi yang berasal dari radio komunikasi di Pos Pemantauan Balerante melalui frekuensi 149.070. Seluruh informasi yang terdapat di situs ini dikelola oleh jaringan kerja relawan yang bekerja setiap hari selama 24 jam. Jadi dapat dipastikan informasi tersebut cukup akurat karena di-update secara realtime.

Informasi mengenai kebutuhan bantuan yang diperlukan oleh korban bencana pun cukup update. Pasalnya para relawan yang masuk dalam jaringan Jalin Merapi selalu memberikan informasi mengenai kebutuhan lokasi pengungsian yang dirasa masih kurang. Dengan penyebaran informasi ini, diharapkan, bantuan terhadap korban bencana tidak menumpuk di satu lokasi, tapi merata di seluruh wilayah bencana Merapi terjadi.

Selain mengkoordinir informasi, Jalin Merapi juga membentuk posko-posko bantuan. Posko informasi JALIN MERAPI saat ini telah dibangun di lima titik lokasi, yakni di Yogyakarta, Pakem, Srumbung, Dukun, Selo, dan Kemalang.

Jalin Merapi didukung oleh Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta, Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah, COMBINE Resource Institution, IDEA, Gender Working Group, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beragam lembaga serta ratusan relawan yang tersebar di empat wilayah kabupaten di lingkar Merapi.

Untuk mengakses situs Jaringan Merapi anda dapat langsung berkunjung pada alamat merapi.combine.or.id

0 komentar :

Tulisan Terkait: