11 November 2010

Gunung Nglanggeran Benarkah Aktif Lagi?

Gunung Nglanggeran Benarkah Aktif Lagi? - Pemberitaan di media mengenai keberadaan Gunung Nglanggeran, salah satu gunung purba yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dinyatakan aktif lagi banyak dikomentari oleh pengguna internet yang membaca berita tersebut.

Foto Gunung Nglanggeran

Adalah detikcom yang memberitakan Gunung Nglanggeran dengan judul "Warga Bantul Lihat Kepulan Asap Keluar Dari Gunung Purba Nglanggeran" dan berita itu sendiri dipublikasikan pada hari, Kamis, 11/11/2010 pukul 07:00 WIB.

Atas pemberitaan detikcom ini, terlihat banyak komentar para pembaca yang sepertinya menyalahkan pihak detik untuk mempulikasikan pemberitaan yang tidak mengutip sumber yang jelas.

Berikut adalah beberapa komentar para pembaca mengenai pemberitaan Gunung Nglanggeran yang dilihat warga mengeluarkan asap yang diterbitkan oleh situs detikcom itu:

"Saat genting tentang gunung api kayak gini, sebaiknya jangan buat berita yang belum pasti. Sebaiknya dikonfirmasi dulu ke Lembaga yang berwenang, jadi tidak meresahkan masyarakat.. Terima kasih... thumbs Jayalah Indonesiaku,,,,"

"Please deh DETIK.COM, jangan meresahkan warga. Teliti dan tanyakan kepada ahlinya terlebih dahulu, jangan langsung diberitakan seperti ini. Anda hanya mewawancarai orang awam. tanyakan ke BMG, jangan asal memberitakan ber*kan sumber yg belum jelas begini. Bahasa anda dalam mengemas berita sangat meyakinkan dan mempengaruhi. Jangan sampai anda tersandung masalahs seperti SILET lho, saya ingatkan, lebih baik cari info dari yg berwenang dulu.terima kasih"


"mohon kalo menulis berita ditinjau dulu kebenarannya.. apa dari detik. com bisa meminta konfirmasi dari dinas terkait dulu....mohon ditinjau lagi... jangan meresahkan warga....mohon maaf...apabila tidak berkenan"


Itulah sebagian komentar pembaca mengenai keberadaan berita itu. Sementara setelah pemberitaan ini banyak dikecam oleh pembacanya, kemudian pemberitaan lain mengenai Gunung Nglanggeran kembali dipublikasi di detik. Adapun berita berkaitan adalah berjudul "Pengelola Wisata Gunung Nglanggeran: Gemuruh Itu dari Merapi" yang dipublis pada Kamis, 11/11/2010 Pukul 10:30 WIB.

Sementara berita lainnya menyusul dipublikasi di detik dengan judul "Gunung Nglanggeran Aman, Hari Sabtu-Minggu Ada Acara Kemping" yang dipulikasikan pada Kamis, 11/11/2010, Pukul 11:05 WIB

0 komentar :

Tulisan Terkait: