03 November 2010

CPNS SUMUT 2010

CPNS SUMUT 2010 - Pada artikel ini akan dibahas tentang CPNS SUMUT 2010 atau CPNS Sumatera Utara 2010. Adapun informasi yang melingkupi berbagai daerah di Sumatera Utara, seperti CPNS Medan 2010, CPNS Binjai 2010, CPNS Siantar 2010, dan keseluruhan mencapai 31 Kabupaten dan Kota diseluruh Sumut.

Formasi CPNS Sumut 2010Formasi CPNS Sumut 2010

Adapun jumlah formasi CPNS SUMUT 2010 terdiri dari sebanyak 7.209 CPNS. Kesemua formasi yang tersedia untuk keseluruhan Pemerintahan Kabupaten dan Kota Se-Sumut.

CPNS yang paling banyak diterima tahun ini di SUMUT adalah tenaga guru. Dari 7.209 Formasi yang tersedia, maka jumlah guru dibutuhkan sebanyak 3000 kursi. Sementara untuk kebutuhan tenaga teknis mencapai 2.009 orang serta tenaga kesehatan sekitar 1.957 orang.

Diakui oleh Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara, Pandapotan Siregar, bahwa meski ada kemungkinan jumlah ini mengalami penambahan atau pengurangan, diperkirakan tidak akan berubah banyak.

Kualifikasi pendidikan untuk CPNS SUMUT 2010 sejauh ini masih belum diketahui. Menurut Pandapotan bahwa soal kualifikasi pendidikan CPNS ini masih menunggu ketetapan dari Kementerian Aparatur Negara.

Dari 7.209 formasi CPNS Sumut tahun 2010, Kabupaten dan Kota yang tidak masuk dalam hitungan adalah Tanjung Balai dan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Kedua daerah tidak menerima pegawai baru karena alasan minimnya anggaran untuk menggaji. Sementara kuota CPNS untuk Tanjung Balai untuk guru 66 orang, tenaga kesehatan 71 orang dan tenaga teknis 64 orang, dengan jumlah keseluruhan 241 orang. Sementara untuk Tobasa tenaga guru sebanyak 110 orang, kesehatan 66 orang dan tenaga teknis sebanyak 64 orang dengan jumlah keseluruhan 240 orang.

Sementara itu Kepala BKD Pemko Medan Lahum Lubis Menyatakan kepada yang Sumut Pos, bahwa kemungkinan perubahan data yang dilansir BKD Provsu tersebut masih akan ada perubahan.

Menurutnya waktu penyelenggaraan penerimaan CPNS di Pemko Medan dipastikan akan baru berlangsung akhir November. "Ya, yang pasti Bulan November ini. Tapi pastinya kita juga belum tahu. Nah, kalau kemungkinan sepertinya di akhir November baru mulai semua tahapan penerimaan," tuturnya sembari terus berjalan meninggalkan ruang kerjanya menuju Masjid Pemko Medan.

Terkait jumlah CPNS yang diterima Pemko Medan sebanyak 184 orang, dikatakannya, tidak terkait dengan banyaknya tenaga pegawai honorer Pemko Medan. Lahum menegaskan, semua pegawai honorer di Pemko Medan sudah masuk database. “Untuk honorer tahun 2005 sebanyak 195 orang. Itu juga sudah masuk database. Dan itu tidak ada hubungannya ke penerimaan CPNS,” tutup pria berkumis ini.

Terkait tahapan penerimaan CPNS, Komisi A DPRD Sumut menekankan pada kabupaten/kota agar menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Hal itu sesuai PP nomor 19 tahun tahun 2010 yang menerangkan bahwa Gubernur adalah koordinator penyelenggaraan penerimaan CPNS di daerah. “Seharusnya Gubernur selaku koordinator bukan hanya mengimbau namun menegaskan agar untuk kerja sama dengan universitas yang ada didaerah,” kata ketua Komisi A DPRD Sumut, Hasbullah Hadi saat rapat dengan BKD Provsu, kemarin.

Hal senada juga dipertegas Hardi Mulyono, anggota Komisi A DPRD Sumut. Dia mengatakan, kerja sama dengan ke dua universitas negeri kebanggaan Sumut tersebut juga untuk mengeliminir dugaan banyaknya kecurangan dalam penyelenggaraan penerimaan CPNS seperti tahun sebelumnya.

“Ada isu yang berkembang bahwa untuk penerimaan CPNS harus menyetor 150 juta rupiah ketika pemda bekerja sama dengan universitas luar daerah. Lebih baik daerah bekerja sama dengan USU atau UNIMED saja,” tegas Hardi.
Turut hadir pada rapat tersebut segenap jajaran BKD se-Sumut, diantaranya, BKD kota Tanjung Balai, BKD Sibolga, BKD Tapsel, BKD Kota Medan, BKD Karo, BKD Asahan, BKD Labuhan Batu, BKD Samosir, BKD Labusel dan BKD Binjai.

0 komentar :

Tulisan Terkait: