09 November 2010

Berita Merapi Hari Ini

Berita Merapi Hari Ini - Inilah berita Merapi hari ini, dimana menurut pemberitaan terbaru seputar Merapi, bahwa Gunung teraktif di dunia itu masih tetap beraktivitas, dan pada Senin (8/11) dini hari sekitar pukul 01.25 masih terlihat awan panas dan titik api atau lava pijar yang kelihatan membesar di puncak Gunung itu.

Seperti pemberitaan tempointeraktif.com mengenai berita Merapi hari ini, bahwa guguran lava pijar itu sendiri terpantau dari Manisrenggo, Klaten, sekitar 20 kilometer arah tenggara dari puncak Merapi. Pantauan serupa juga terlihat dari Posko Keputran, Kemalang. Suara mengelegar masih terdengar dari dalam perut Merapi.

Rentetan awan panas dan lava pijar juga diawali gempa vulkanik. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Surono mengatakan berdasarkan laporan hasil pemantauan aktivitas Merapi hingga pukul 06.00 WIB telah terjadi 31 kali gempa vulkanik.

"Intensitas gempa vulkanik tersebut meningkat cukup tinggi dibanding Jumat dan Sabtu. Pada Jumat (5/11) sama sekali tidak ada gempa vulkanik," katanya, di Yogyakarta.

Kolom asap letusan setinggi enam kilometer berwarna kelabu condong ke barat terlihat dari Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, dan kilat terlihat dari Yogyakarta.

Status aktivitas vulkanik gunung berapi ini masih tetap "awas", dan wilayah aman bagi pengungsi serta masyarakat adalah tetap di luar radius 20 kilometer.

0 komentar :

Tulisan Terkait: