22 Oktober 2010

Al Quran Raksasa dari Sumenep

Al Quran Raksasa dari Sumenep - Mungkin sebagian besar pembaca sudah pernah mendengar tentang keberadaan Al Quran raksasa di Sumenep. Meski demikian mungkin masih ada juga yang belum tau tentang keberadaan Al Quran tersebut.

Foto Al Quran Raksasa dari Sumenep

Ya... di Sumenep tepatnya di Museum Keraton Sumenep ada terdapat sebuah Al Quran raksasa dengan tulisan tangan. Karena keberadaan Al Quran ini memang tergolong sangat unik, maka tak ayal keberadan Quran itu sendiri kini banyak menyedot wisatawan untuk berkunjung.

Seperti yang dituturkan oleh Efendi salah seorang narasumber kepada beritajatim.com, mengungkapkan bahwa Al Quran raksasa Sumenep itu dibuat oleh seorang wanita bernama Yanti. Dia adalah warga desa Bluto. Yanti selesai mengerjakan Al Quran selama enam bulan lamanya.

Erfandi mengungkapkan keunikan AL Quran raksasa itu mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. "Meskipun tidak termasuk benda kuno, tapi AL Quran ini unik, karena ukurannya yang sangat besar, dan murni tulisan tangan," terang Erfandi.

"Kalau hari Minggu seperti sekarang ini, per hari pengunjungnya bisa mencapai 250 orang. Kalau hari biasa paling hanya 50 atau 60 orang. Ya yang berkunjung tidak hanya dari Madura, tapi banyak juga yang dari luar Madura. Mereka biasanya satu paket dengan wisata religi Asta Tinggi," tambahnya.

Al Quran tulisan tangan ini berukuran panjang 4 meter, lebar 3 meter dan berat 500kg. Al Quran yang dibuat tahun 2005 ini dipajang di museum keraton di atas balai-balai kuno dari kayu, tepat di depan pintu masuk keraton.

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Yth, admin Karodalnet

kami tertarik ingin pasang iklan di blog anda, mohon maaf lewat coment, tadi nyari halaman contact nya ga dapat. Jika memang membuka layanan pasang iklan, kami tunggu email reply nya beserta space banner dan harganya.

Email kami : bercintanet@yahoo.com

Tulisan Terkait: