28 September 2010

Perbandingan Fitur BlackBerry Playbook dan iPad

Perbandingan Fitur BlackBerry Playbook dan iPad - Inilah perbandingan fitur yang dimiliki oleh BlackBerry Playbook, salah satu produk teranyar dari RIM yang menurut kabarnya akan beredar dalam beberapa bulan kedepan.

Dari segi dimensi dan bobot, maka BlackBerry Playbook terlihat lebih kompak bila dibandingkan dengan Apple iPad. Meski bobot diantara keduanya sama-sama berada dibawah 1 kg, iPad memiliki bobot 0,68 sampai 0,73 kg, sementara BlackBerry Playbook hanya 0,4 kg.

Bila kita menelisik dari segi fisik, maka BlackBerry PlayBack juga memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu berukuran 130mm x 193mm x 10mm dengan layar 7 inci dibandingkan dengan iPad 242.8mm x 189.7mm x 13.4mm.

Dari segi platform, BlackBerry Playbook mendukung sepenuhnya Adobe Flash Player 10.1 yang banyak digunakan untuk aplikasi multimedia dan games secara interaktif. Sebaliknya, Apple melalui sebuah surat terbuka pernah mengumumkan tidak mendukung Adobe Flash untuk iPad dan iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS.

BlackBerry Playbook juga didukung dengan dua kamera digital, masing-masing 3 megapiksel untuk kamera yang dipasang di depan, dan 5 megapiksel untuk kamera yang dipasang di belakang. Dengan kedua kamera yang dimilikinya Playbook mendukung video confrence, dimana komponen dan fitur ini tidak dimiliki oleh iPad.

Dari segi kecepatan akses, meski sama-sama digerakkan oleh prosessor berkecepatan 1 GHz, kapasitas RAM Playbook mencapai 1 GB, sementara iPad hanya memiliki RAM 256 MB.

Namun demikian, kapasitas harddisk, daya tahan baterai, dan harga Playbook belum diketahui. Adapun, iPad memiliki daya tampung sampai 64 GB dengan baterai yang tahan sampai 10 jam pengoperasian. Kendati memiliki sejumlah fitur hiburan multimedia, RIM memposisikan Playbook bagi segmen bisnis dengan kemampuan integrasi dengan sistem-sistem enterprise dan aplikasi bisnis dari Microsoft, IBM, Oracle, dan SAP melalui platform WebWorks dan Blackberry Enterprise Application Middleware

0 komentar :

Tulisan Terkait: