28 Juli 2010

Pinnacle Point Afrika Selatan

Pinnacle Point Afrika Selatan - Pinnacle Point adalah sebuah tempat yang terdiri dari gua-gua yang berada sekitar 386 kilometer di sisi timur Cape Town, Afrika Selatan. Pinnacle Point juga sering disebut sebagai "Taman Eden" atau "Taman Surga" yang diperkirakan telah menyelamatkan manusia dari kepunahan.

Foto Pinnacle Point (dailymail)

Seperti pemberitaan berbagai media internasional menyebutkan, bahwa Pinnacle Point menyediakan berbagai kekayaan hayati yang mampu menyelamatkan manusia dari kepunahan. Bila seseorang berada ditempat tersebut, maka dia akan mampu bertahan untuk tetap hidup, meski terjadi iklim paling ekstrem di bumi seperti halnya pada jaman es yang terjadi sekitar 195 ribu tahun yang lalu.

Dari hasil penggalian disekitar wilayah yang disebut Pinnacle Point, didapat berbagai petunjuk tentang adanya berbagai keanekaragaman vegetasi di wilayah itu.

Para ilmuwan percaya bahwa hal ini berkaitan dengan minimnya keragaman genetis manusia dibandingkan makhluk lain. Mereka percaya bahwa populasi ras manusia telah berkurang hingga berjumlah ratusan. Mereka yang berhasil selamat telah bertahan hidup di satu lokasi tertentu.

Profesor Curtis Marean dari Institute of Human Origins di Arizona State University menemukan adanya artefak manusia purba di gua-gua terpencil sekitar daerah yang dikenal sebagai Pinnacle Point di Afrika Selatan itu.

Marean menyebutkan bahwa gua di wilayah Pinnacle Point ini berisi artefak arkeologi berusia setidaknya 164 ribu tahun. Banyak ilmuwan percaya bahwa manusia modern telah berkembang sejak 195 ribu tahun di kawasan Afrika Timur. Mereka memerlukan waktu 50 ribu tahun untuk menyebar di wilayah lain.

0 komentar :

Tulisan Terkait: