06 Juli 2010

Fenomena Alam 7 Juli 2010

Fenomena Alam 7 Juli 2010 - Pemberitaan berbagai milis dan Forum internet menyebutkan bahwa pada pukul 17.00 waktu Greenwich atau 24:00 tengah malam 7 Juli 2010 akan terjadi suatu fenomena langka, yaitu planet Merkurius dan Neptunus berada tepat satu garis dengan matahari dan menyebabkan gaya gravitasi naik menjadi 6 kali lipat.

Foto Ilustrasi Fenomena Alam

Pristiwa yang disebut-sebut telah dikeluarkan oleh Nasa pada 6 Juli 2010 ini hanya terjadi dalam kurun waktu 20.000 tahun sekali, dan akibat dari peristiwa ini laut akan mengalami pasang naik dan kemungkinan akan meluap.

Benda-benda juga akan tertarik kepermukaan bumi. Burung, kelelawar yang terbang dalam jarak 1 km dari permukaan bumi akan tertarik dan jatuh.

Berita yang beredar di milis dan forum di internet ini juga menyebutkan bila Nasa sudah memperingatkan semua perusahaan penerbangan agar tidak take off pada jam tersebut dan fenomena ini sendiri akan terjadi dalam waktu 10 menit.

Hal lain yang menyangkut fenomena tanggal 7 Juli 2010 menyebutkan berat benda akan naik 6 kali lipat. Bila sebelumnya berat anda adalah 60 kg, maka kemungkinan akan bertambah menjadi 360 kg.

Namun ada kejanggalan dalam pemberitaan tentang fenomena alam 7 Juli 2010 ini karena menurut Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin telah membantah berita itu.

Menurutnya fenomena segarisnya planet secara astronomi hal biasa, walau sebenarnya tidak tepat segaris.

“Segarisnya planet dan isu dampaknya, biasanya berasal dari tinjauan astrologi. Jadi tidak mungkin NASA mengeluarkan warning,” katanya saat dihubungi dari Jakarta Selasa (6/6).

Lalu apakah jika planet dalam segaris akan menimbulkan banyak bencana? Thomas kembali membantahnya. “Itu hoax (trik untuk memperdaya orang agar mempercayai sesuatu)”

0 komentar :

Tulisan Terkait: