07 Mei 2010

PSB Online SMP dan SMA 2010

PSB Online SMP dan SMA 2010 - Penerimaan Siswa Baru (PSB) secara online sudah mulai marak dilaksanakan tahun lalu oleh beberapa kota di Indonesia. Untuk tahun 2010 ini di Surabaya PSB Online untuk siswa SMP dan SMA juga menurut kabar yang tengah akan diterapkan. Agar masyarakat tidak kesulitan mengakses situs PSB Online, maka mulai bulan Mei 2010 ini, secara bertahap seluruh siswa dan orang tua Siswa di Surabaya sudah dilatih memanfaatkan website PSB Online tersebut.

PSB Online 2010Foto Ilustrasi PSB Online SD, SMP, SMP tahun 2010

Menurut keterangan dari ketua PSB 2010 Surabaya Ruddy Winarko, seperti yang dikutip dari situs surabayapost.co.id, mengatakan rencananya pada awal Mei pihaknya akan memanfaatkan website PSB Online ini untuk latihan bai siswa maupun orangtua dalam mendaftarkan anaknya di sekolah tertentu.

"Sebelum hari H dari jadwal yang ditentukan untuk mendaftarkan diri para siswa baik SD, SMP dan SMA akan diberikan kesempatan untuk berlatih terlebih dahulu," kata Ruddy dikonfirmasi, Jumat (23/4).

Sebelumnya Ketua tim IT PSB online, Yudhi Purwananto menjelaskan pada PSB online 2010 ini website PSB online diubah menjadi www.psbsurabaya.com. Ini dilakukan agar masyarakat tidak kesulitan dalam mengingat website tersebut. "Dulu alamat websitenya www.psbsby-online.net. Ini terlalu sulit untuk diingat," ujarnya ketika ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Kamis (22/4).

Sementara di Bengkulu, PSB Online tahun ini dipastikan akan digelar oleh seluruh sekolah mulai dari tingkat SMP hingga SMA, dan hal tersebut dikemukakan Kabid Perencanaan Dispendik Koa Bengkul Drs Gianto.

Dicontohkannya, tahun lalu seperti SMAN 9 dan 10, serta SMPN 10,20, 33 dan 23 tidak bisa menggunakan sistem online. Soalnya tidak miliki listrik dan jaringan komputer. Tahun ini mereka sudah bisa menggunakan jaringan online. Jika tidak ditemukan perangkat saat ini mereka bisa menggunakan modem flash.

Syarat penerimaan PSB tak beda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan nomor ujian. Nomor ujian inilah yang akan dimanfaatkan untuk mengentri data sehingga nilai mereka bisa secara otomatis diketahui, katanya.

Sedangkan peserta dari luar Provinsi Bengkulu atau mereka dari ujian paket kesetaraan atau tamatan sebelum tahun 2009/2010 maka para peserta ini harus melakukan pra pendaftaran terlebih dahulu yang dilakukan di Dispendik Kota.

Begitu juga termasuk siswa berprestasi bidang akademik. Sedangkan pelajar dari kabupaten tetangga bisa langsung mendaftar pada sekolah yang dituju. Pendaftaran tidak dipungut biaya, karena semua itu sudah ditanggung oleh pemerintah, tukasnya.

Sejauh ini DKI Jakarta yang pada tahun-tahun sebelumnya sudah menerapkan sistem PSB Online bagi siswa SMP dan SMA, maka untuk tahun ini, atau sejauh sampai bulan Mei 2010 ini belum ada kabar mengenai pelaksanaan PSB Online 2010. Bahkan ketika mengunjungi alamat website PSB Online DKI Jakarta tahun 2009 lalu, maka belum ada berita baru juga mengenai PSB Online Jakarta tahun 2010.

0 komentar :

Tulisan Terkait: