22 Februari 2010

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Tempat Wisata di Sumatera Utara - Setelah pada postingan terdahulu telah disinggung tentang hotel di Sumatera Utara, maka kali ini postingan yang tidak kalah menarik adalah tentang tempat wisata yang ada di daerah Sumatera Utara. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di daerah Sumatera Utara (Sumut) adalah Danau Toba.

Keterkenalan Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara yang merupakan danau terbesar yang ada di Indonesia, mungkin telah sampai kabarnya ke seluruh pelosok Nusantara, atau mungkin bahkan sampai di Mancanegara. Namun di Sumatera Utara bukan cuma Danau Toba saja tempat menarik yang pantas anda kunjungi, namun anda bisa berkujung keberbagai tempat-tempat objek wisata lainnya, seperti ke Berastagi, Danau Lau Kawar di kaki Gunung Sinabung kabupaten Karo, bahkan anda juga bisa berkunjung ke objek wisata alam Bukit Lawang di Kabupaten Langkat.

Berikut ini adalah sedikit pengetahuan penulis tentang objek wisata Bukit Lawang, dimana tempat tujuan wisata ini berada di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.

Beberapa tahun lalu tepatnya pada tanggal 2 November 2003, Bukit Lawang dilanda tragedi banjir bandang yang menyebabkan ratusan rumah penduduk serta wisma-wisma penginapan di tepian Sungai Bahorok hancur lebur.

Sementara anda juga bisa berkunjung ke Bukit Gundaling yang tepat berada di pinggiran Kota Berastagi Kabupaten Karo, dimana Gundaling itu sendiri merupakan salah satu daerah objek wisata di Brastagi, Kabupaten Karo, sekitar 50 km dari Medan, Sumatra Utara. Gundaling adalah daerah ketinggian yang menyajikan panorama indah kota Brastagi dan sekitarnya.

Di dalam daerah wisata Gundaling, banyak terdapat penginapan-penginapan dari tingkat bungalow sampai dengan hotel berbintang.

Objek wisata lain yang tidak kalah menarik dan masih berada di Sumatera Utara adalah di Sibolangit. Di daerah ini terdapat kawasan wisata di Tanah Karo Simalem, Sumatera Utara. Kawasan ini masih termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Deli Serdang, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karo. Daerah ini dapat ditemui saat perjalanan dari Medan menuju Brastagi, tepatnya sebelum daerah Bandar Baru.

Sibolangit juga merupakan kawasan perkemahan Pramuka yang populer. Sibolangit pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Nasional Gerakan Pramuka Indonesia Tahun 1977. Jambore tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-20 Juli 1977.

Di kawasan ini pernah jatuh sebuah pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 152, tepatnya pada tanggal 26 September 1997 di desa Buah Nabar yang rencananya akan mendarat di bandara Polonia, Medan.

Toleransi antar umat beragama di provinsi Sumatera Utara memang sangat kuat, dan hal tersebut tercermin dari salah satu objek wisata Taman Iman yang ada di Kabupaten Dairi dan tepat berada di Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Taman Wisata Iman (TWI) merupakan tempat wisata religius. TWI bukan hanya mewakili salah satu agama saja yang diakui di Indonesia melainkan semua agama. Mewakili yang dimaksud adalah bahwa dalam TWI terdapat berbagai bangunan-bangunan yang duanggap bersejarah bagi pemeluk agama masing-masing. Mulai dari tempat peribadatan hingga miniatur bangunan yang dianggap bersejarah dan mengenangkan peristiwa-peristiwa penting bagi pemeluknya.

Nah.. semoga saja dengan artikel yang membahas tentang tempat wisata di Sumatera Utara kali ini dapat memuaskan anda, untuk lebih mengetahui tempat-tempat, atau objek wisata yang bisa anda kunjungi di provinsi Sumut yang terdiri dari beragam etnis dan kebudayaan pula tentunya..

1 komentar :

abu shafwan mengatakan...

mantap gan ,izin copas ya

Tulisan Terkait: