04 Februari 2010

Foto Kerbau Sibuya

Foto Kerbau Sibuya - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluhkan sejumlah aksi demonstrasi di tanah air yang dinilainya berlebihan dengan cara membakar foto dirinya sekaligus membawa kerbau dengan tulisan Sibuya.

Perbuatan dan kata-kata para aktivis yang menyamakan dirinya dengan kerbau, dianggapnya berlebihan dan sudah tidak sejalan dengan budaya, nilai dan pranata sosial. "Ada (demonstran) yang bawa kerbau. SBY badannya besar, malas, dan bodoh seperti kerbau, dibawa itu.

"Apa ya itu unjuk rasa sebagai ekspresi kebebasan?" tutur SBY dengan nada prihatin di hadapan para menteri, pimpinan lembaga nonkementerian, dan gubernur se-Indonesia di Istana Cipanas, Cianjur, Selasa 2 Februari.

Kondisi itu, kata SBY, harus dibahas dengan pikiran jernih untuk menyelamatkan demokrasi, budaya, dan peradaban bangsa sebab dunia melihat dengan informasi teknologi. Dia lalu menyinggung aksi unjuk rasa di mana demonstran menginjak-injak foto presiden, lalu membakarnya.

"Saya juga menerima masukan, contoh belum lama, apakah unjuk rasa di negara Pancasila, di negara yang konon memiliki budaya, nilai, peradaban yang baik, seperti beberapa hari yang lalu itu. Foto diinjak-injak, dibakar-bakar di mana-mana di daerah. Mari kita bahas dengan pikiran jernih, menyelamatkan demokrasi kita, menyelamatkan budaya kita, menyelamatkan peradaban bangsa," ajak Presiden.

Seperti diketahui, dalam unjuk rasa di kawasan Monas, Jakarta, 28 Januari lalu, massa membawa isu kegagalan pemerintahan SBY. Bentuk ekspresinya bermacam-macam. Ada yang membawa tikus dalam kerangkeng.

Ada pula yang membawa kerbau yang tubuhnya dicat dengan tulisan Sibuya (pelesetan dari SBY). Sebuah pamflet bergambar SBY ditempelkan di bagian pantat kerbau. Gambar SBY itu berpakaian biru lengkap dengan kopiah, lantas diberi tulisan "Mundur!"

Kerbau yang dibawa demonstran itu milik seorang petani di Jatiwaringin, Bekasi. Menurut para demonstran, kerbau tersebut simbol kebebalan dan kebodohan. Atas semua itu, SBY menegaskan bahwa sikap dan ajakannya menata kembali model menyampaikan ekspresi sama sekali tidak dimaksudkannya untuk memasung demokrasi.

Berikut adalah foto-foto kerbau Sibuya atau kerbau yang dicat dengan tulisan Si Buya, dan pada bagian kaki belakang kerbau tersebut ditempelkan sebuah foto wajah SBY dan dengan tulisan "Turun".


Foto Kerbau Sibuya

0 komentar :

Tulisan Terkait: