14 September 2009

Kue Kering Lebaran

Kue Kering Lebaran - Sebenarnya pada artikel yang lalu sudah diposting tulisan dengan judul Resep Kue Kering, dimana pada artikel tersebut dibahas hanya tentang cara pembuatan Kue Natsar. Untuk melengkapi resep kue kering, maka kali ini Karo Cyber mencoba mencari informasi lain dan mencoba mempublikasikanya diblog ini, yaitu tentang cara membuat beberapa jenis kue kering lainnya, diantaranya adalah:

Kue Kering Vanilli Baton


Keperluan:

Kue:

250 gr terigu

150 gr maizena

Seperes sdt vanili

1 sdt baking powder

125 gr gula halus

250 gr mentega

Glasur putih telur:

150 gr gula halus

1 putih telur

1 sdt cuka

Cara membuat:

Mentega dan gula dikocok sebentar sampai lunak lalu masukkan bahan-bahan lain, aduk-aduk sampai rata. Gilas di talenan yang sudah dialasi selembar plastik, tebalnya kira-kira 1/2 cm, lalu cetak persegi panjang atau potong-potong dengan ukuran panjang 4 cm dan lebar 2,5 cm. Letakkan di loyang yang sudah dipulas mentega lalu panggang sampai matang. Pulas dengan glasur putih telur lalu panggang lagi sampai glasur kering.

Glasur Putih Telur:

Putih telur dikocok sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil adonan dikocok terus, bubuhi cuka, ratakan.

Kue Kattetongen (Lidah Kucing)

Keperluan:

200 gr tepung terigu

200 gr mentega

200 gr gula halus

4 butir telur ayam

Kue Kering Vanili.

Cara membuat:

Mentega dan gula dikocok sampai putih, lalu telurnya dimasukkan satu per satu, sambil adonan dikocok terus, masukkan vanili, lalu tepungnya, sambil diaduk-aduk perlahan sampai rata. Spuit panjang-panjang di loyang yang sudah dipulas mentega, lalu panggang. Mengepuitnya jarang-jarang karena kue ini melarnya keras.

Kue Kering Datte Kissis

Keperluan:

1/2 cup gula halus

1 putih telur

1/2 sdt vanili

1/2 sdt garam

2/3 cup mede yang sudah dicincang kasar

2/3 cup irisan kurma

1 sdm penuh tepung terigu.

Cara membuat:

Putih telur dikocok sampai berbusa, masukkan gula sesendok demi sesendok sambil adonan dikocok terus sampai kental sekali, masukkan vanili dan garam, ratakan, terakhir masukkan campuran terigu, kurma, dan mede, ratakan, sediakan loyang yang sudah dipulas mentega dan ditaburi terigu. Adonan ditaruh di loyang tersebut dengan sendok. Menaruhnya jarang-jarang karena kue ini melar. Panggang di oven dengan api kecil +/- 1/2 jam.

Kue Kering Kaasbolletjes

Keperluan:

300 gr tepung terigu

150 gr mentega

60 gr keju yang sudah diparut

1 sdt garam

1 kuning telur untuk memulas kue

Cara membuat:

Semua bahan kecuali kuning telur dicampur, keju sisakan kira-kira 10 gr untuk taburan kue. Adonan dipulungi bulat- bulat sebesar kelereng, pulas kuning telur lalu taburi dengan keju parut. Panggang sampai matang.

2 komentar :

oss mengatakan...

ada gak cewek yg mau masakan kita menu ini ya mpal...
lanjut truss.

Iklan Baris mengatakan...

waduh...
oke juga nih tips n resepnya...
bisa dijadikan penganan untuk meramaikan meja tamu nih...
apalagi simple n mudah banget...

thx for the tips yah...

Tulisan Terkait: