06 Juli 2009

Penampakan Hantu Desa Sumberingin

Penampakan Hantu - Berita ini memang sudah terjadi beberapa bulan yang lalu, yaitu berita tentang penampakan hantu pocong yang sempat menggegerkan Dusun Banyuurip, Desa Sumberingin, Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Akibat dari penampakan hantu pocong tersebut, warga menjadi takut saat melintas di tempat pemakaman umum (TPU) setempat.

Keresahan warga semakin menjadi-jadi setelah ada beberapa warga sekitar dilokasi makam yang mengaku pintu rumahnya diketuk, dan setelah dibuka ternyata tidak ada tamu sama sekali.

Morsenen, seorang warga yang kala itu sempat diwawancarai oleh situs kompas.com mengaku pernah melihat dari jauh bayangan yang berdiri di dekat lokasi makam yang berkain putih. Ia mengaku tidak begitu jelas melihat penampakan bayangan tersebut, apakah pocong atau manusia. Marsonen mengaku merinding melihat kejadian tersebut.

"Saya merinding jika mengingat itu. Khawatir, jika itu makhluk halus seperti pocong," katanya di Blitar, Jawa Timur, dengan wajah cemas.

Ia mengaku sudah dua kali melihat bayangan putih di dekat makam tersebut. Bayangan tersebut, menurut dia, terlihat seusai pemakaman salah seorang warga sejak sepuluh hari lalu.

Ketua RT 01 RW 04 Dusun Banyuurip Masykur mengakui keresahan warga walaupun ia belum melihat langsung penampakan yang katanya serba putih itu.

Namun, ia mengaku, seorang warganya, Sitas (70), meninggal dunia. Ada yang mengatakan, tali kain kafan jenazah tidak dilepaskan saat dimakamkan. Padahal, sebagian besar warga meyakini tali kafan orang meninggal dunia harus dilepas sebelum ditimbun tanah.

"Warga meyakini bahwa tali jenazah ketika dimakamkan harus dibuka," katanya. Ia hanya berharap, isu tentang hantu pocong tersebut hanya isapan jempol dan tidak lagi membuat resah warga.

Isu hantu pocong tersebut, lanjut dia, bukan hanya terjadi kali ini saja. Sekitar dua tahun lalu, kabar hantu pocong juga pernah meneror warga desa, yang akhirnya hilang dengan sendirinya.

Kepala Subbidang Bimbingan dan Penyuluhan Bakesbangpol Linmas Kabupaten Blitar Bambang Supriyadi mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait kabar hantu pocong tersebut. Ia berjanji akan segera mengecek kebenaran isu tersebut. Terlebih, saat ini petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) masih melakukan rekapitulasi surat suara hingga larut malam.

Ia khawatir isu hantu pocong ini mengganggu mereka sehingga proses penghitungan molor. "Kami akan menerjukan tim ke lapangan untuk menyelidiki kebenaran kabar tersebut," kata Bambang

Berita diatas merupakan sepenggal kisah tentang penampakan hantu diberbagai daerah di Indonesia, dan mungkin masih banyak lagi berita-berita penampakan hantu yang sampai saat ini belum pernah sama sekali diliput oleh media massa. Apakah anda pernah melihat penampakan hantu?

0 komentar :

Tulisan Terkait: