01 April 2009

Penyeludupan Ponsel Kepenjara dengan Merpati Pos

Para narapidana di sebuah penjara Brasil memanfaatkan merpati pos untuk menyelundupkan ponsel. Para sipir penjara Danilo Pinheiro di Sorocaba, sekitar 100 kilometer dari Sao Paolo, sudah menangkap dua merpati yang membawa ponsel beserta charger itu.


Foto: ilustrasi Merpati Pos

"Para sipir menemukan merpati-merpati itu di luar penjara Danilo Pinhero," kata juru bicara penjara, Rosana Alberto. "Untungnya burung-burung itu tidak sempat masuk penjara."

Dua burung itu ditangkap pada Rabu (25/3) dan Kamis (26/3) lalu.

Merpati pos memang cukup handal. Pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II, pasukan Sekutu banyak yang menggunakan merpati pos karena lebih gampang dan tidak mudah disadap oleh musuh. Kadang, merpati ini dipasangi kamera kecil digunakan untuk pemotretan udara.

Kemampuan merpati pos ini rupanya terdengar oleh kelompok mafia "Komando Merah" di Sao Paulo yang memiliki banyak anggota dan berpengaruh di penjara itu. Mereka sebelumnya biasa menyelundupkan barang-barang terlarang di penjara, seperti ponsel, senjata, atau narkotika, dengan memanfaatkan pengacara atau sipir yang korup. (tempointeraktif.com)

0 komentar :

Tulisan Terkait: