30 Maret 2009

Panduan Memilih Ponsel Multimedia

Saat ini mencari ponsel multimedia tidaklah sulit, karena sudah banyak beredar di pasar seluler. Apalagi dengan sengitnya per­saingan vendor ponsel, membuat vendor bersaing melun­curkan ponsel serba bisa (multimedia).

Namun untuk membeli ponsel multimedia, ada beberapa hal yang perlu pertimbangkan. Tak hanya resolusi kamera ataupun kapasitas memori, tapi ada hal lain yang mesti diper­tim­bangkan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu dalam membeli ponsel multimedia.

1. Kamera
Saat ini ponsel kamera di Indonesia rata-rata sudah mencapai 5 megapixel (MP). Bahkan di negara asal vendor raksasa ponsel dunia Samsung, Korea Selatan, sudah ada yang mencapai 10 MP. Namun perlu mempertimbangkan lagi apakah betul mem­butuhkan HP dengan kamera 10 MP, mengingat harganya masih tergolong mahal. Kualitas kamera 3,2 MP sudah cukup baik, dengan ukuran file sangat besar rata-rata 500 kb hingga 750 kb.

2. 3G atau 3,5G
Jika senang men-download lagu-lagu atau video langsung dari ponsel, pilihlah ponsel yang meniliki teknologi 3G atau 3,5G, karena hal tersebut syarat mutlak demi kenyaman men-download dengan kecepatan transfer data sangat cepat. Meski tidak bisa dipungkiri kualitas jaringan dan prosesor yang ada dalam ponsel turut menentukan.

3. Audio
Pilihlah ponsel yang memiliki Audio Playback. Umumnya format musik yang dapat diputar di ponsel musik adalah MP3 dan ACC. Sebenarnya ada banyak format musik lain seperti Midi, AMR, WAV, WMA, OGG, dan lain-lain. Namun pastikan music player pada ponsel mendukung format standar tersebut, yakni minimal MP3 dan ACC.

4. Video
Ponsel kamera kelas menengah umumnya memiliki video recorder dengan kapasitas 10-15 frames per second (fps) dan durasi 30 detik-1 menit. Bahkan kini stardar ponsel kelas menengah ke atas (mid to high end) adalah VGA dengan 30 fps setara kualitas DVD.

5. WiFi
Ponsel yang dilengkapi koneksi WiFi akan sangat berguna mengakses internet. Pilih ponsel yang memiliki Wifi, sehinga pengguna tinggal mencari lokasi hotspot, lalu browsing atau download data, musik, dan video sepuasnya.

6. Memori
Jika berniat menyimpan sebanyak mungkin file musik, foto, video atau game, pilihlah ponsel dengan memori yang memadai. Ponsel entry level (low end) umumnya memiliki kapasitas internal 5-32 MB. Sedangkan ponsel mid end berkisar antara 32-64 MB. Untuk high end berkisar antara 64-160 MB. Upgrade memori eksternal hingga 8 GB. (kepritoday.com)

0 komentar :

Tulisan Terkait: