05 Maret 2009

Memprediksi Jumlah Pengunjung Website

Iseng-Iseng Saya melakukan penelitian kecil-kecilan untuk mengasumsikan berapa jumlah pengunjung website setiap harinya, yang dilakukan terhadap keseluruhan website maupun terhadap website tertentu.

Data penelitian ini saya peroleh dari beberapa sumber, yaitu blog Karokarodalnet.blogspot.com sebagai objek penelitian, Counter Blog Karo Cyber dari histats.com sebagai acuan jumlah pengunjung, alexa.com sebagai pembanding persentasi pengunjung.

Pengunjung blog Karodalnet.blogspot.com
Jumlah pengunjung blog karodalnet.blogspot.com yang bersumber dari histats.com, setiap harinya kisaran antara 1000 s/d 5000 orang setiap harinya, atau dalam kata lain rata-rata setiap hari dapat diasumsikan menjadi 2500/hari, asumsi ini saya buat dengan pertimbangan pengunjung terendah yaitu 1000 setiap hari sangat jarang terjadi, dan begitu juga dengan pengunjung terbanyak dengan kisaran 5000 sangat jarang juga terjadi.


Persentase Pengunjung blog Karodalnet.blogspot.com
Kemudian setelah saya melihat persentase pengunjung website karodalnet.blogspot.com yang bersumber dari alexa.com, maka dari sana didapatkan data bahwa persentasenya adalah kisaran antara 0,001 % s/d 0,004 % dari jumlah keseluruhan pengunjung website, dan saya asumsikan rata-rata persentasenya adalah pada kisaran 0,002 % setiap harinya dari keseluruhan pengunjung website.

Dari kedua data diatas saya mencoba menghitung jumlah pengunjung website setiap hari adalah :

keterangan:
* Jumlah Pengunjung blog Karodalnet.blogspot.com = JP
* Persentase Pengunjung blog Karodalnet.blogspot.com = PP
* Jumlah Keseluruhan Pengunjung website = JK

Untuk Mendapatkan JK maka akan kita buat rumus sederhana seperti yang dibawah ini:

JK= JP x 0,PP/100 % atau JK adalah, 2500 x 0,002/100 = 125.000.000

Untuk mengasumsikan berapa visitor situs tertentu misalnya detik.com dari data diatas, maka dapat kita perhitungkan sendiri yaitu:

Persentase Jumlah Pengunjung Situs Detik.com
Data Persentase jumlah visitor situs detik.com yang bisa terlihat di alexa.com adalah 0.17 % dan dari jumlah persentase tersebut dapat dihitung jumlah asumsi pengunjungnya adalah

JK = JP x PP/100 % atau JP adalah, 125.000.000 = JP x 0,17/100, maka, JP = 125.000.000 / (0.17/100) = 212.500

Kesimpulan
Terlepas dari benar tidaknya hasil penelitian ini, saya kembalikan lagi kepada anda para pembaca, namun untuk lebih memperjelas hasil penelitian yang saya buatkan ini, ada baiknya bila anda juga melakukan penelitian lain untuk menjadi bahan perbandingan, dan mudah-mudahan dengan cara tersebut, kelak kita sudah dapat memprediksi dengan detail berapa sebenarnya jumlah pengunjung website setiap hari, begitupula dengan website tertentu, yang tentu fungsinya adalah menambah pengetahuan bagi kita semuanya.

1 komentar :

jangkrikjr mengatakan...

Analisis yg ringan dan bisa di coba nech. Sayangnya gye biasa pake statcounter nech :). Lagian pengunjung web gue hanya 10 orang per hari :D

Tulisan Terkait: